Sibolga, SeputarTapanuli.com – Bakal calon (Balon) Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, berharap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020, berjalan aman, damai dan sejuk. Tidak ada permusuhan atau peperangan diantara pasangan calon (Paslon) ataupun diantara massa pendukung.

“Pilkada bukan peperangan, tapi pertarungan. Maka itu, saya pribadi akan mengingatkan tim saya nantinya, jangan sampai mendramatisir sesuatu hal dan juga jangan sampai menyerang lawan. Biar persahabatan atau pertemanan terus dan tidak sampai terjadi permusuhan dan balas-balasan diantara calon dan pendukung,” katanya, saat ngopi bareng di tengah semangat Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 bersama 20-an lebih wartawan di salah satu warung Kopi di Kota Sibolga, Rabu (12/2/2020).

Pria yang akrab disapa Bang Jamal dan berpasangan dengan Pantas Maruba Lumbantobing ini pun, mengingatkan wartawan supaya bisa bersama-sama turut serta menjaga kondusifitas Pilkada Sibolga. Dia menyadari, awak Pers Sibolga tidak tertutup kemungkinan berada di paslon lain, selain di pasangan Jamal-Pantas (JP) sendiri.

“Silahkan berkontestasi, silahkan saja paslon yang didukung diangkat tinggi-tinggi, tapi jangan sampai menyerang rival, agar kita semua bisa tetap bersahabat dan bersama-sama menyejukkan Pilkada Sibolga. Terutama saya, ingin bersahabat dengan wartawan, karena saya sadari peran wartawan sangat besar untuk menaikkan dan menjatuhkan seseorang,” ujarnya.

Dia pun pada kesempatan itu, sedikit menguak atau mereview kembali pengalaman persahabatannya dengan insan pers di Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng). Bermula kata dia, ketika dirinya terjun ke dunia politik di Tapteng pada 2001 silam dan berkesempatan duduk sebagai Wakil Bupati dan kemudian sebagai Ketua DPRD Tapteng.

“Selama itu, saya benar-benar tidak pernah bersentuhan atau bergesekan dengan wartawan. Sekalipun saat itu saya dikritik dan dikoreksi, tapi rekan-rekan wartawan tetap bersikap arif dan bijaksana dan tidak nyinyir. Ini lah harapan saya pada Pilkada mendatang,” tukasnya.

Visi dan misi pasangan JP sendiri, adalah ingin menjadikan Sibolga Sehat, Pintar, Makmur dan Sejahtera. Sekaitan dengan itu, Jamal pun berharap pers bisa hidup dalam pembangunan tanpa kehilangan jiwa kritis, bila pasangan JP terpilih dan memimpin Pemerintahan Kota Sibolga nantinya.

“Hasil dari pembangunan di Sibolga tak boleh dicicipi hanya sebagian kalangan saja, oleh pers juga. Tapi demikian, teman-teman pers kiranya tetap kritis, mengawal pemerintahan daerah nantinya,” pungkasnya. (jhonny simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *