Sibolga, SeputarTapanuli.com – Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing (JP) pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020 mengapresiasi perjuangan Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Rahmansyah Sibarani, dalam mengupayakan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk Kota Sibolga pada 2021 mendatang. Soalnya, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga Terpilih Periode 2021-2026 ini sama sekali tidak pernah menyinggung program itu selama masa kampanye mereka di Pilkada Sibolga.

“Sebenarnya memang, sebelum Pilkada, kami pernah mengusulkannya atau mengajukannya secara lisan kepada saudara Rahmansyah Sibarani, tapi itu tidak pernah kami sampaikan kepada masyarakat selama masa kampanye. Namun, syukur Alhamdulillah, beliau (Rahmansyah Sibarani) langsung memperjuangkan dan mengupayakan usulan kami tersebut,” kata Jamaluddin Pohan dalam keterangan persnya bersama pasangannya Pantas Maruba Lumban Tobing dan Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani kepada wartawan, Selasa (22/12).

Rasa apresiasi ini disampaikan Jamal, yang demikian nama akrab pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati dan Ketua DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) ini biasa dipanggil terkait kabar berita mengenai kemungkinan Kota Sibolga akan mendapatkan bantuan program RTLH dari Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu) pada 2021 mendatang tersebut. Hal itu memang cukup beralasan, karena bantuan sosial itu dipastikan akan bergulir dimasa pemerintahan mereka sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga periode 2021-2026.

Maka itu, Jamal pun juga mengucapkan rasa terima kasihnya yang besar kepada Rahmansyah Sibarani. Sebab dimasa pemerintahannya bersama pasangannya Pantas Maruba Lumban Tobing kelak, Kota Sibolga akan mendapatkan bantuan program RTLH dengan jumlah lebih kurang sebanyak 50 unit. Bahkan sebagai bentuk apresiasi dan terima kasihnya, Jamal juga berpesan kepada masyarakat Kota Sibolga supaya mengingat kebaikan Rahmansyah Sibarani, Wakil Ketua DPRD Sumut dari Partai NasDem tersebut.

“Kami yakin, beliau (Rahmansyah Sibarani) juga selanjutnya akan berupaya melobi bantuan lainnya dari Pempropsu untuk dibagikan ke daerah asal pemilihan (Dapil) nya, khususnya Kota Sibolga dan Tapteng,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani mengungkapkan perihal kemungkinan Kota Sibolga selain Tapteng akan mendapatkan bantuan program RTLH pada 2021 mendatang. Bahkan Rahmansyah mengatakan bahwa program itu sudah masuk Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Sumut Tahun Anggaran (TA) 2021. Namun demikian, Rahmansyah belum dapat merinci berapa kuota/alokasi bantuan program RTLH yang akan diberikan untuk Tapteng dan Sibolga. Karena menurutnya, itu adalah wewenang Pempropsu.

“Tapi yang pasti, bantuan program RTLH untuk Kota Sibolga 2021 ini bukan usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga. Tapi hasil permintaan lisan Ketua DPRD Sibolga, Akhmad Syukri Nazry Penarik dan tokoh masyarakat serta Jamaluddin Pohan kepada saya saat saya sedang menggelar reses di Kota Sibolga menjelang pembahasan R-APBD Sumut. Hasil reses itu kemudian kita perjuangkan dan berhasil,” ucap Rahmansyah.

Rahmansyah sebelumnya sengaja tidak mengungkapkan program RTLH tersebut, begitu juga dengan nama orang atau siapa orang pertama atau orang-orang yang mengusulkannya, sehingga Rahmansyah selaku Wakil Ketua DPRD Sumut terpaksa harus memperjuangkannya di Propinsi. Namun karena Pilkada Sibolga sudah usai digelar, Rahmansyah pun dengan ringan hati mengungkapkannya, karena Rahmansyah merasa orang tidak akan mengatakannya sebagai bahan kampanye.

“Soalnya, di saat Pilkada, orang akan mengatakan itu sebuah kampanye. Tapi ini sudah selesai, makanya saya menyampaikannya supaya masyarakat mengetahuinya,” pungkasnya. (Jhonny Simatupang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *