Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – 39 karateka (31 Dojo Yapim dan 8 Dojo Melania Sibolga) mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) dan penurunan kyu bertempat di halaman Dojo Asosiasi Seni Bela Diri Karate Indonesia (ASKI) di SMA/SMK Yayasan Perguruan Indonesia Membangun (Yapim) Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Minggu (6/12).

Tim penguji, Sahat Valentino Nainggolan, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum (Sekum), ASKI Sumatera Utara (Sumut) dalam keterangannya mengatakan, UKT ini dilaksanakan untuk mengasah kemampuan para karateka yang selama ini mengikuti latihan di Dojo ASKI Yapim Pandan dan Dojo Melania Sibolga. Sehingga sudah saatnya bagi mereka melaksanakan UKT sekaligus penurunan kyu, dengan harapan, semakin gelap warna sabuk mereka maka fisik, mental dan pemikiran mereka juga akan semakin matang dan bersih.

”Materi ujian yang diberikan antara lain keterampilan dasar gerakan karate, kihon, kata, dan kihon kumite, sesuai dengan tingkatan sabuk yang dimiliki mereka. Dalam karate, warna sabuk (Obi) membedakan satu karateka dengan karateka lain,” ujar Sahat.

Para karateka dari Dojo Yapim Pandan dan Melania saat menggelar Latihan Bersama (Gashuhu) di Pantai Kalangan Pandan, Sabtu (5/12). (SeputarTapanuli/Haposan S)

Sahat, pemilik sabuk hitam DAN IV ini mengakui, karateka dasar dimulai dari sabuk putih, sabuk yang digunakan untuk pemula dalam memulai belajar karate. Secara filosofis, perbedaan sabuk karate adalah untuk menunjukkan bahwa karateka harus menjunjung tinggi sikap saling menghormati satu sama lain dan menjaga etika dan disiplin.

”Dari 39 karateka yang mengikuti UKT dan penurunan kyu ini, mudah-mudahan semuanya lulus sesuai dengan tingkatan kyu masing-masing,” harap Sahat.

Pelatih Dojo Melania Sibolga dan Yapim Pandan, Tapteng, Simpai Darius Sitanggang, yang juga Koordinator UKT ASKI Sibolga dan Koordinator terselenggaranya kegiatan UKT serta penurunan kyu ini menyebutkan, kegiatan UKT yang diselenggarakan Pengurus Cabang (Pengcab) ASKI Sibolga ini terlaksana atas hasil kerja sama yang baik antara seluruh Karateka.

“Terutama atas dukungan orang tua,” kata Darius, pemilik sabuk hitam DAN II ini.

Ketua Pengcab ASKI Sibolga, Haposan Simbolon, mengucapkan selamat kepada seluruh karateka yang mengikuti UKT. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya UKT dan penurunan kyu .

“Terutama untuk Kepala Sekolah (Kasek) SMA/SMK Yapim Pandan, Parunggulan Lumban Tobing, yang selalu memberikan dukungan untuk kemajuan Karate di Dojo ASKI Yapim Pandan,” ucap Haposan.

Sehari sebelumnya, Sabtu (5 .12), Pengurus Cabang (Pengcab) ASKI Sibolga melaksanakan latihan bersama (Gashuhu) dipimpin pelatih Darius Sitanggang dan Chandra Fernando Sitanggang. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan kebersamaan para karateka. (Haposan S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *