Sibolga, SeputarTapanuli.com – Delapan dari 11 orang pasien Positif Covid-19 di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), dinyatakan sembuh. Tujuh berasal dari tempat karantina atau isolasi di Wisma Atlet Aek Parombunan Sibolga dan satu lainnya dari Rumah Sakit Umum (RSU) Tarutung di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

“Tiga pasien lainnya yang belum dinyatakan sembuh itu, satu di RSU Martha Friska, Medan, satu dirumahnya di Kelurahan Pasar Belakang, dan satu lagi dirawat dan diisolasi di Wisma Atlet,” kata Koordinator Penanganan dan Pencegahan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sibolga, Firmansyah Hulu, dalam keterangan persnya di Aula Graha Nusantara kantor Wali Kota Sibolga, Rabu sore (22/7).

Dalam keterangan pers yang diikuti Asisten I dan II Pemkot Sibolga, Joshua Hutapea, dan Hendra Darmalius serta Kabag Ops Polres Sibolga, Kompol R Sihombing mewakili Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, dan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sibolga, Sri, tersebut, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sibolga berkenan menghadirkan satu dari delapan orang pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan telah diperbolehkan pulang tersebut.

Pasien itu berinisial NS, 69, perempuan, warga Kelurahan Simaremare, Sibolga, Kecamatan Sibolga Utara. Dia tercatat sebagai pasien 01, karena dia dinyatakan sebagai pasien pertama yang terpapar Covid-19 di Kota Sibolga.

Pasien 01 ini sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Tarutung dan sengaja dihadirkan dalam keterangan pers itu sebagai bentuk dukungan dan pemberian semangat dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sibolga. Pasien 01 ini sendiri sudah dirawat lebih kurang selama satu bulan di RSU Tarutung atau sejak minggu ketiga Juni 2020 hingga Rabu 22 Juli 2020.

“Ibu NS ini merupakan pasien terakhir dari delapan orang yang dinyatakan sembuh tersebut. Dia (NS) dinyatakan sembuh, setelah dia sempat menjalani empat kali Swab. Hasil Swab keempatnya baru keluar tadi pagi dan hasilnya baru dia dinyatakan negatif,” ucap Firman.

Firman pun berharap dan berdoa agar ketiga pasien Positif Covid-19 Sibolga lainnya yang masih dalam perawatan dan belum dinyatakan sembuh tersebut dapat sesegera mungkin atau secepat mungkin pulih. Supaya mereka juga dapat berkumpul ke tengah-tengah keluarga masing-masing.

“Mari kita doakan,” pinta Firman.

Terkait pasien sembuh tersebut, Asisten I Pemkot Sibolga, Josua Hutapea meminta kepada seluruh masyarakat Sibolga, terutama yang berada dilingkungan tempat tinggal para pasien supaya tidak mengucilkan para pasien, tapi bisa menerima para pasien kembali seperti dulunya. Sebab penyakit yang diderita para pasien bukan aib melainkan karena wabah.

“Jangan sampai ada stigma negatif kepada mereka. Kita justru harus memberikan semangat dan dukungan. Atas dasar itu juga Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga melalui Gugus Tugas langsung menyambut kepulangan Ibu NS dari RSU Tarutung, setelah dia dinyatakan sembuh,” tukas Joshua. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *