Dairi, SeputarTapanuli.com – Babinsa dari Koramil 02/Sidikalang (Sdk) memantau secara langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 produksi Sinovac yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi, Sumatera Utara (Sumut), untuk para tenaga kesehatan (Nakes) di Pukesmas Berampu di Kecamatan Berampu, Jumat (5/2).

“Tujuan pemantauan itu agar kegiatan vaksinasi COVID-19 tahap pertama kepada para Nakes di UPT Puskesmas Berampu tepat sasaran,” kata Komandan Rayon Militer (Danramil) 02/Sidikalang, Kapten (inf) Samidin.

Samidin mengaku, sebelum pemantauan itu, dirinya juga telah menekankan kepada para Babinsa nya agar bisa memberikan pemahaman serta informasi kepada masyarakat bahwa vaksin “Sinovac” yang telah di distribusikan oleh pemerintah tersebut aman dan halal untuk digunakan. Sebab vaksin “Sinovac” tersebut sudah mendapatkan Sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta lisensi dari Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan (BPOM).

“Disamping itu, kami juga memerintahkan kepada para Babinsa agar selalu memberikan imbauan dan pengertian kepada masyarakat agar tidak termakan isu hoax di media sosial (medos) terkait pemakain tersebut. Sehingga masyarakat nantinya dapat menerima dan mau untuk melakukan vaksinasi COVID-19,” tukas Samidin.

Samidin pun berharap vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan terhadap para Nakes dan juga para Personil TNI/Polri serta masyarakat Kecamatan Berampu nantinya dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kecamatan Berampu.

“Tapi demikian, kita  harus tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat sebagai langkah antisipasi,” tuturnya.

Dari vaksinasi COVID-19 yang digelar oleh Pemkab Dairi tersebut, tercatat sebanyak 31 Nakes UPT Puskesmas Berampu yang menjalani penyuntikan obat pencegah COVID-19 itu. Menurut Serda RB Manalu, Babinsa Koramil 02/Sidikalang yang melakukan pemantauan vaksinasi tersebut bersama seorang rekannya Serda Muhammad Yahya, hal itu sesuai ketentuan pihak Pemkab Dairi yang masih memprioritaskan para Nakes.

“Sementara selama kegiatan berlangsung, kami tetap mengimbau kepada para yang hadir untuk selalu menerapkan Prokes. Kita harus saling bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ucap Manalu. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *