Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT) merehabilitasi satu unit jembatan ukuran 4×3 meter diĀ Kelurahan Sosorgadong, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Menurut salah seorang Satgas TMMD, Serma Noverman, rehabilitasi terhadap jembatan itu dilakukan karena kondisi jembatan itu sudah sangat memprihatinkan dan beresiko bagi orang yang melintasinya.

“Papan lantai dan tiang balok dari jembatan itu sudah tampak lapuk dan rapuh,” kata Noverman, saat berada dilokasi salah satu jembatan yang akan mereka rehab kepada wartawan, Selasa (21/7).

Noverman tidak memungkiri, jika jembatan itu tidak direhab dan dibiarkan, begitu saja, maka jembatan itu dipastikan akan memakan korban jiwa.

“Maka itu kita lakukan proses perehaban itu,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Satgas TMMD lainnya, Serda PG Simbolon. Bintara Teritorial yang bertugas di Koramil 01/Barus dan juga terlibat dalam pekerjaan rehab jembatan itu, mengungkapkan dalam proses rehabilitasinya, Satgas TMMD pastinya akan menggantikan kayu-kayu jembatan dengan kayu-kayu baru, karena kayu-kayu dari jembatan lama yang akan direhab telah terlihat lapuk dan rapuh dimakan usia.

“Usai direhab, maka seluruh jembatan nantinya akan aman dan lancar untuk dilalui/dilintasi kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,” ujarnya.

Komandan SSK TMMD ke-108 Kodim 0211/TT, Kapten (Inf) Syahrial Batubara, membenarkan hal itu. Perehaban jembatan yang memiliki panjang 4 meter dan lebar 3 meter tersebut akunya, dilakukan guna memperkokoh bangunan jembatan. Sehingga jembatan memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pelintas.

“Tentunya juga akan dapat memberikan manfaat bagi kelancaran transportasi masyarakat sekitar,” tukas Syahrial.

Dalam proses rehabilitasi jembatan itu, tampak puluhan Satgas terlibat dalam pekerjaannya. Beberapa diantaranya bertugas untuk mengumpulkan bahan material untuk jembatan, berupa papan dan balok. Seluruhnya mereka kumpulkan dekat jembatan untum memudahkan proses pekerjaan jembatan. Sementara sebahagian Satgas lainnya bekerja melakukan perbaikan jembatan (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *