Medan, SeputarTapanuli.com – Sejumlah pemuda yang tergabung di dalam Aliansi Pemuda Sumatera Utara (APSU) menggelar aksi unjuk rasa mendesak Erick Thohir dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Selasa (22/9). Erick dinilai gagal menjalankan mandat Presiden Jokowi dalam membenahi BUMN.

Dalam aksi itu, APSU menggeruduk 4 kantor BUMN yang berada di Sumatera Utara (Sumut), yakni Kantor PTPN 3 di Jalan Sei Batang Hari, Kantor Perwakilan PT Inalum di Jalan RA Kartini, Kantor PT Pertamina MOR I Sumbagut, Jalan KL Yos Sudarso dan terakhir Kantor PT PLN Unit Induk Wilayah I Sumut di Jalan KL Yos Sudarso. Mereka membentangkan spanduk bertuliskan #erickout. Juga berorasi agar Erick Thohir segera menanggalkan jabatannya.

Menurut Koordinator APSU, Nicodemus Sitanggang, aksi yang mereka lakukan sebagai bentuk keprihatinan APSU teradap kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN. Dibawah kepemimpinan Erick Thohir, sejumlah BUMN seperi PT Pertamina, PT Garuda Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), menjadi merugi. Belum lagi, Erick Thohir gagal melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pemulihan perekonomian Nasional, sesuai mandat yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Pengendalian COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Bahkan setelah menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Pengendalian COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tersebut, korban-korban COVID-19 terus bertambah sampai ribuan orang. Sehingga kepercayaan yang diberikan Presiden Jokowi terhadap Erick Thohir, gagak. Oleh karena itu, Erick Thohir harus out,” ujar Nicodemus, dalam  keterangannya kepada wartawan usai aksi.

Nicodemus yang saat itu didampingi beberapa orang pengurus APSU lainnya, Sri RM Simanungkalit dan Liston Hutajulu atas nama APSU pun meminta dan mendesak Presiden Jokowi agar memberhentikan Erick Thohir dan segera melakukan reshuffle kabinet. Menurut APSU, BUMN sebagai tulang punggung keuangan negara, harusnya kreatif menciptakan ide-ide penanggulangan COVID-19 di tengah kondisi Indonesia saat ini yang tengah terjebak di dalam krisis.

“Soalnya, BUMN sebagai lumbung-lumbung logistik tidak mampu dikelola oleh Erick Thohir. Malah menciptakan banyak kerugian dan konflik seperti pengangkatan karyawan, staf ahli untuk direksi. Oleh karena itu, kami minta kepada Presiden Jokowi agar segera mencopot Erick Thohir,” tegas Nicodemus. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *