Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Warga Kelurahan Sosorgadong, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), tidak mengira personil Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0211/TT, yang diterjunkan diwilayah mereka untuk melakukan berbagai kegiatan adalah sosok tentara-tentara yang baik dan ramah.

Warga Kelurahan di daerah terpencil itu awalnya merasa ngeri melihat kehadiran rombongan tentara dari Satgas TMMD dari Kodim 0211/TT itu ke kampung mereka.

“Tapi ternyata mereka (Satgas TMMD) baik dan ramah,” kata N Boru Pasaribu, 21, salah seorang warga yang berada di daerah sasaran TMMD ke-108 Kodim 0211/TT di Kelurahan Sosorgadong, Sabtu (3/7)

Selain itu, warga kelurahan itu juga awalnya menilai personil Satgas TMMD akan galak-galak. Tapi ternyata dugaan mereka itu juga bertolak belakang dengan realita sebenarnya. Personil Satgas TMMD rupanya sosok yang dinilai humoris juga.

“Iya, kami juga kira tentara-tentara itu galak, tapi ternyata tidak. Selain baik-baik dan ramah-ramah, mereka juga humoris,” imbuh Boru Pasaribu.

Baru beberapa hari di lokasi kegiatan regular, Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT memang sudah tampak mulai akrab dengan masyarakat sekitar. Dalam setiap kegiatan TMMD, TNI dan warga selalu bersama-sama dan kompak, sesekali mereka senda gurau.

Berbagai cara dalam mendekati, berbaur dan mengambil hati masyarakat yang dilakukan Satgas TMMD seperti mulai dari membantu pekerjaan warga, mendekati anak-anak desa sasaran dan berkomunikasi dengan warga saat akan berangkat sholat ke masjid terdekat. Juga ikut nimbrung dengan warga saat lagi beristirahat, serta berbagai cara lainnya.

Menurut Serda PG Simbolon, salah seorang dari personil Satgas TMMD, Serda PG, Satgas TMMD akan terus berbaur dan mendekatkan diri dengan warga desa sasaran. Bukan hanya dengan warga Desa Siantar Ca akunya, Satgas TMMD juga akrab dengan warga yang berdekatan dengan sasaran TMMD, seperti, warga Kelurahan Sosorgadong, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Upaya ini dalam rangka menyerap aspirasi dari warga sasaran, sehingga, pelaksanaan TMMD yang berlangsung selama 30 hari, dapat terwujud sesuai yang diinginkan masyarakat,” ucapnya, saat berbincang-bincang seputaran TMMD.

Komandan Satgas ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, mengapresiasi kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) serta kedekatan para Satgas TMMD dengan masyarakat. Dia mengakui, Satgas harus bisa seperti keluarga sendiri bagi warga sekitar.

“Kedekatan TNI dengan rakyat, yang seperti ini harus kita bangun terus. Yakni, membangun silaturahmi dengan warga sasaran. Sehingga, kegiatan TMMD ini dapat berjalan dengan lancar, baik dan maksimal sesuai dengan harapan semua pihak,” tukas Dadang. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *