Dairi, SeputarTapanuli.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Sumbul (Sbl), Koptu Jasa Ranto Simamora, mendampingi Kelompok Tani (Poktan) Taruna Maju panen Bawang merah di Desa Pegagan Julu III, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (9/1).

Menurut Koptu Simamora, pendampingan itu sebagai bentuk monitoring wilayah Koramil 01/Sbl di bidang pertanian. Dari hasil panen itu, Poktan Taruna Maju mampu menghasilkan ubinan basah Bawang merah yang sangat memuaskan 8.000 kg/ha.

“Sementara Panen Bawang merah Poktan Taruna Maju tersebut merupakan panen perdana,” kata Simamora di sela istrahat.

Bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi salah satu bumbu andalan berbagai masakan di dunia, khususnya di Indonesia. Selain itu juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Bawang merah sendiri mampu beradaptasi baik di dataran rendah, di lahan irigasi maupun lahan kering. Sehingga Bawang merah mempunyai prospek untuk dikembangkan sekalipun diluasan lahan kecil.

Danramil 01/Sbl, Kapten (Arm) Lisben Situmorang, berharap para petani khususnya yang adadi daerah Sumbul kiranya termotivasi dan terdorong untuk terus meningkatkan hasil produksinya agar menjadi masyarakat yang memiliki taraf hidup dan penghasilan yang lebih baik. Pendampingan yang dilakukan oleh Koramil 01/Sbl sendiri tak lain adalah untuk membantu petani, mulai dari merawat hingga pelaksanaan panen.

“Oleh karena itu, Babinsa terus melakukan pemantauan rutin terhadap pertumbuhan tanaman, dengan harapan tanaman tumbuh subur dan hasil panen meningkat, sehingga kesejahteraan petani semakin meningkat,” tukas Lisben. (Jhonny Simatupang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *