Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Bakhtiar Ahmad Sibarani, didampingi wakilnya, Darwin Sitompul,menyerahkan buku nikah gratis kepada seratusan Pasangan Suami Istri (Pasutri) di daerah itu, Senin (1/2).

Penyerahannya dilaksanakan di Gedung Serba Guna/Gedung Olah Raga (GOR) Pandan bersama-sama dengan Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Sahputra Silitonga, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tapteng, Rasidin Barasa dan Ketua Pengadilan Agama (PA) Pandan, Encep Solahuddin.

Buku nikah gratis tersebut berasal dari Produk Itsbat Nikah Terpadu kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng, Kemenag Tapteng dan PA Pandan. Tujuannya untuk menertibkan administrasi kependudukan melalui pemberian buku nikah gratis.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, memberikan buku nikah gratis kepada salah seorang pasutri penerima bertempat di GOR Pandan, Senin (1/2). (SeputarTapanuli/Dok Diskominfo Tapteng)

Ketua PA Pandan, Encep Solahuddin mengungkapkan, dari 300 pasangan yang mendaftar untuk menerima Produk Itsbat Terpadu tersebut, tercatat hanya 132 pasangan yang awalnya berhak untuk mendapatkannya karena mereka dinyatakan telah memenuhi syarat berdasarkan hasil seleksi.

“Namun setelah dilakukan proses sidang, ternyata hanya 105 pasangan yang dikabulkan untuk menerima buku nikah dari Produk Itsbat Nikah Terpadu ini. Hal ini terjadi karena kita tidak ingin melegalkan pernikahan yang tidak memenuhi persyaratan rukun dan syarat pernikahan,” kata Encep.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, mengucapkan selamat kepada seluruh pasangan yang menerima buku nikah gratis tersebut. Diharapkan kepada mereka agar berkomitmen untuk menjadikan pernikahan sebagai pernikahan pertama dan terakhir.

“Jangan sampai ada yang berpikiran untuk menikah lagi. Jadi lah suami yang sayang kepada istri dan jadi lah istri yang menghormati suami atau bangga lah memiliki suami yang ada di samping Ibu, dan bersyukur lah memiliki Istri yang ada di samping Bapak,” ucap Bupati.

Hadir pada kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapteng, Hendri Susanto Lumban Tobing, para Asisten Sekretariat Kabupaten (Setdakab) Tapteng, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tapteng dan lainnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *