Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Kepolisian Resort (Polres) Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), terus menggeber pendirian Kampung Tangguh Inspirasi di daerah itu, guna mempertahankan ketahanan pangan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan sekaligus juga untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Setelah sebelumnya mendirikan Kampung Tangguh Inspirasi di 6 titik, yakni di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pandan (Pasar Onan Terminal Baru Pandan), di Desa Sitio-tio Hilir, Kecamatan Pandan, di Kelurahan Sipange, Kecamatan Tukka, di Kelurahan Sibabangun, Kecamatan Sibabangun dan di Desa Sipan, Kecamatan Sarudik dan satu lainnya didirikan oleh Polsek Pandan di Desa Aek Garut, Kecamatan Tukka, Kampung Tangguh Inspirasi ini bertambah 6 titik lainnya yang dibentuk oleh dua Polsek, yakni Polsek Pinangsori dan Kolang.

Polsek Pinangsori membentuk sebanyak 5 Kampung Tanggung Inspirasi meliputi lokasi Persawahan di Lingkungan IX, Kelurahan Pinangsori, Lokasi Peternakan Lembu di Lingkungan IX Kelurahan Pinangsori, Lokasi Pertanian di Lingkungan IX Kelurahan Pinangsori, Lumbung Pangan di Lingkungan II Kelurahan Pinangsori dan Budi Daya Ikan di Lingkungan III Kelurahan Pinangsori. Sementara Polsek Kolang membentuk satu Kampung Tangguh Inspirasi yang berlokasi di Dusun II Satahi Nauli, Kecamatan Kolang.

Kapolsek Pinangsori, Iptu K Hutagalung, ketika mendirikan Kampung Tangguh Inspirasi di Kelurahan Pinangsori, Kecamatan Pinangsori pada Selasa (29/9). (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Tapteng)

Pembentukan Kampung Tangguh Inspirasi di dua Polsek tersebut menindak lanjuti perintah Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, agar setiap Polsek membuat Kampung Tangguh Inspirasi di wilayah hukum (Wilkum) Polsek masing-masing dengan tujuan utama (Fokus utama) terwujudnya ketangguhan kesehatan, sosial ekonomi, keamanan, kreativitas dan ketahanan pangan. Apalagi di Kampung Tangguh Inspirasi, semua elemen masyarakat diwajibkan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) supaya COVID-19 bisa hilang dari Indonesia, khususnya Tapteng.

“Maka, Selasa (29/9), Kapolsek Pinangsori, Iptu K Hutagalung, bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas menindak lanjuti perintah Bapak Kapolres tersebut dengan membuat Kampung Tangguh Inspirasi di wilkum nya, tepatnya di Kelurahan Pinangsori, Kecamatan Pinangsori,” kata Kapolres Tapteng, Nicolas Dedy Arifianto dalam keterangannya yang disampaikan Paur Humas, Ipda JS Sinurat, Rabu (30/1).

Begitu juga dengan Kapolsek Kolang, Iptu M Tahir Lubis, bersama-sama dengan Babinkamtibmas juga menindak lanjuti perintah Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, membuat Kampung Tangguh Inspirasi pada Rabu (30/9) itu di Dusun II Satahi Nauli, Kecamatan Kolang.

“Dalam kesempatan itu, Kapolsek Kolang memberikan bantuan kepada petani dan peternak berupa bibit sayuran, pupuk dan juga benih ikan,” ungkap Sinurat.

Kapolsek Kolang, Iptu M Tahir Lubis mendirikan Kampung Tangguh Inspirasi di di Dusun II Satahi Nauli, Kecamatan Kolang, pada Rabu (30/9). (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Tapteng)

Selain membuat Kampung Tangguh Inspirasi di wilkum Polres Tapteng, Kapolres Tapteng juga sebut Sinurat, memerintahkan kepada para Kapolsek sejajaran Polres Tapteng agar Personil Bhabinkamtibmas selalu aktif menyambangi dan mendatangi serta menanyakan perkembangan dari usaha yang dilakukan oleh masyarakat tersebut.

“Bapak Kapolres berharap, apa yang dilakukan oleh Personil Polres Tapteng dan jajarannya dengan membuat Kampung Tangguh Inspirasi, dapat mempertahankan ketahanan pangan di Tapteng di masa AKB ini,” pungkasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *