Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Tarif parkir di Hotel PIA Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), turun terhitung 1 September 2020. Penurunan itu hasil pertemuan Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Asli Daerah (BPKPAD) Tapteng dengan Manajemen Hotel PIA Pandan, Senin (24/8).

Tarif parkir khusus minibus pada hari besar (Lebaran, Tahun Baru, dan Hari Kemerdekaan) dari semula Rp30 ribu menjadi Rp20 ribu. Kemudian tarif parkir khusus mobil pada hari besar (Lebaran, Tahun Baru, dan Hari Kemerdekaan) dari semula Rp25 ribu menjadi Rp20 ribu. Selanjutnya, tarif parkir khusus mobil pribadi pada Sabtu dan Minggu dari semula Rp10 ribu menjadi Rp7.500 dan sepeda motor (Roda Dua) pada Sabtu dan Minggu dari semula Rp5.000 menjadi Rp4.000.

Kepala BPKPKAD Tapteng, Zafril Abdi Nasution, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan, Erniwati Batubara mengatakan, pertemuan dengan Manajemen PIA Hotel yang dilakukan oleh pihak BPKPAD Tapteng itu, atas instruksi Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Bupati meminta kepada BPKPAD agar berkoordinasi dengan Manajemen PIA Hotel Pandan membahas keluhan pengunjung PIA Hotel Pandan atas tingginya tarif parkir di hotel tersebut.

Alhamdulillah, pihak Manajemen PIA Hotel Pandan sepakat untuk mengikuti terkait keluhan masyarakat itu. Karena memang, dengan viralnya masalah itu di medsos, banyak masyarakat yang mengeluhkannya,” tukas Erniwati

Erniwati tidak memungkiri, Manajemen PIA Hotel Pandan selama ini merupakan salah satu badan usaha di Tapteng yang taat dalam melakukan pembayaran Pajak Parkir sesuai Peraturan Daerah (Perda) Tapteng Nomor 29 Tahun 2011 tentang Pajak Parkir. Pihak hotel itu selalu menyetorkan Pajak Parkir mereka sebesar 30% dari tarif parkir yang mereka kelola melalui Rekening Kas Umum Daerah Tapteng.

“Namun disini, kita tetap berharap kepada seluruh Pengusaha yang mengelola parkir sendiri agar memberikan tarif yang tidak terlalu tinggi, sehingga masyarakat tidak merasa berat untuk membayarnya,” ujarnya.

GM PIA Hotel Pandan, Jenri Hutapea mengatakan, penurunan tarif parkir itu baru bisa mereka terapkan per 1 September 2020 karena mereka membutuhkan waktu untuk mencetak tiket parkir dengan tarif baru.

“Kami juga sebenarnya menggratiskan pajak parkir setiap Senin-Jumat, kecuali pada hari-hari itu ada Hari Besar Nasional,” tukas Jenri.

Turut hadir pada saat koordinasi itu, Kasubbid Perhitungan Penetapan dan Pendistribusian PBB dan Non PBB BPKPAD Tapteng, Hadi Sulaiman Tarihoran, dan staf Accounting PIA Hotel Pandan, Arjuna Sembiring. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *