Sibolga, SeputarTapanuli.com – Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Nomor Urut 1, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing, terus mensosialisasikan program mereka yang tertuang dalam visi dan misi mereka. Salah satunya pemberian perlengkapan sekolah gratis kepada siswa SD dan SMP.

Sosialisasi program itu dilakukan Pasangan Jamal-Pantas (JP) saat menyapa pedagang di Pasar Sibolga Nauli, Rabu (11/11). Kehadiran pasangan itu difasilitasi langsung Himpunan Pedagang Pasar Sibolga Nauli (HP2SN) diketuai Bustanil Arifin Panggabean.

“Dalam rangka mewujudkan Sibolga Pintar, kami (Pasangan JP) telah menyiapkan program pembebasan biaya sekolah. Biaya sekolah akan ditanggung di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), mulai dari baju sekolah, sepatu, tas dan lainnya. Tanpa terkecuai, baik orang kaya maupun miskin. Semua dapat,” kata Jamal.

Selain itu, Pasangan JP juga akan memberikan bea siswa pendidikan kepada para siswa/mahasiswa berprestasi sebesar Rp1,5 juta setiap bulan. Bea siswa itu akan lebih mudah didapatkan bila siswa/mahasiswa berprestasi berasal dari keluarga miskin dan kurang mampu.

“Kita buat ini dengan hati dan perasaan. Karena kita tahu, setiap tahun ajaran baru, orang tua pasti kebingungan untuk biaya sekolah anak. Makanya JP hadir untuk membantu beban orang tua,” imbuh Jamal.

Para pedagang terlihat antusias mendengar program Pasangan JP. Sekalipun sempat ada keluhan yang dilontarkan para pedagang seputar kondisi pasar dan harga sewa serta kebersihan pasar, terutama soal bantuan pemerintah yang tidak bisa didapatkan sepenuhnya oleh para pedagang. Namun Jamal bisa memberikan penjelasan masuk akal dan diterima para pedagang.

“Ini lah salah satu program JP setiap tahun, agar masyarakat tahu bahwa uang itu ada di APBD Sibolga. Jangan uang habis dan tidak tahu kemana, karena selama ini tidak ada pencerahan kepada masyarakat,” tukas Jamal. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *