Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul memberikan bantuan kepada 250 orang Pengemudi Beca Bermotor (Pebetor) di Kecamatan Pinangsori, Minggu (9/7). Bantuan tersebut berupa beras 2,5 ton untuk masing-masing penerima sebanyak 10 kg ditambah uang tunai Rp100 ribu.

“Bantuan ini murni dari uang pribadi kami, yakni saya, Wakil Bupati serta Ketua dan Wakil Ketua DPRD Tapteng dan bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” kata Bakhtiar, ketika menyerahkan bantuan itu kepada pebetor tersebut.

Bakhtiar berharap kepada para pebetor agar memanfaatkan bantuan mereka itu sebaik-baiknya. Pasalnya kata dia, pihaknya sebelumnya mendengar keluhan dari para pebetor bahwa dimasa Pandemi COVID-19, pendapatan pebetor sangat berkurang dari biasanya.

“Maka itu juga, saya berharap kepada abang-abang pebetor yang ada di Kecamatan Pinangsori ini, agar membentuk organisasi atau wadah perkumpulan berbentuk Koperasi untuk keperluan simpan pinjam. Tujuannya, agar abang-abang pebetor di daerah ini bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng,” ujarnya.

Menurutnya, apabila organisasi itu sudah ada, dia selaku Bupati akan memberikan dana hibah kepada organisasi itu sebesar Rp100 juta. Dananya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup para pebetor dan pebetor juga tidak lagi harus meminjam kepada Rentenir dengan bunga besar.

“Namun disini, saya juga tetap berharap agar abang-abang jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi Protokol Kesehatan. Nafkah yang didapat dari hasil beca juga kiranya dapat dipergunakan sepenuhnya untuk kebutuhan keluarga. Jangan mempergunakannya ke hal-hal yang tidak baik, seperti Narkoba, Judi, dan lain sebagainya,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Bakhtiar juga memberikan bea siswa dari Pemkab Tapteng kepada 2 orang anak pengemudi betor di daerah itu yang lulus masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau ke Universitas Negeri. Masing-masing mendapatkan bea siswa sebesar Rp2 juta per bulan atau Rp24 juta per tahun selama 5 tahun.

Salah seorang perwakilan pebetor, Marwan Hutabarat, warga Desa Gunung Marijo, menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Tapteng atas bantuan beras dan uang tersebut.

Dia juga menyampaikan terima kasih karena dirinya juga mendapatkan bantuan pembangunan bedah rumah dari Bupati Tapteng.

“Semoga Bapak Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan diberikan kesehatan, umur panjang, serta rezeki yang berlimpah oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa (TYMK), agar tetap dapat membantu warga masyarakat lainnya yang membutuhkan,” kata Marwan.

Setelah memberikan bantuan kepada para pengemudi betor, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, beserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi kolam pancing yang juga berada di wilayah kecamatan itu untuk menyerahkan hadiah Lomba Mancing Piala Bupati Cup dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 RI dan menyambut Hari Jadi ke-75 Tapteng tahun 2020.

Turut hadir di kegiatan itu, anggota DPRD Tapteng, Imam Syafi’i Simatupang, Camat Pinangsori, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Pinangsori, para Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Pinangsori. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *