Sibolga, SeputarTapanuli.com – Dengan menggunakan alat pengeras suara (Toa), sejumlah personil gabungan dari Kepolisian Resort (Polres) Sibolga dan Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), mendatangi beberapa tempat-tempat keramaian di kota itu, Senin (13/7). Mereka memberikan pemahaman tentang langkah-langkah pencegahan COVID-19.

Tempat itu seperti Pasar Kota Beringin di Jalan Zainul Arifin, warung/kedai kopi Bali di Jalan S Parman, warung/kedai kopi Alun di Jalan S Parman dan warung/kedai kopi Pasar Baru di Jalan Junjungan Lubis Sibolga.

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, melalui Kasubbag Humas, Iptu R Sormin, mengatakan kegiatan itu bagian dari program Polres Sibolga untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dalam rangka Operasi Aman Nusa II Tahun 2020. Tujuannya selain untuk mencegah penyebaran COVID-19, adalah untuk persiapan menghadapi tatanan kehidupan kenormalan baru (new normal) di wilayah hukum Polres Sibolga,

“Demikian agar warga Sibolga selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta agar selalu menjaga jarak fisik pada saat ditempat tempat keramaian seperti karaoke, cafe, rumah makan dan warung kopi,” katanya.

Kemudian lanjut Sormin, yang bertindak sebagai Perwira Pengendali (Padal) pada kegiatan itu, agar warga Sibolga disiplin memakai masker bila keluar rumah, rajin mencuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun, sebelum dan sesudah beraktivitas.

“Serta agar pemilik cafe dan rumah makan menyediakan tempat cuci tangan dipintu masuk dan keluar,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kamis (9/7), tim gabungan dari Polres dan Pemkot Sibolga ini juga mendatangi beberapa tempat-tempat keramaian yang sering didatangi/dikunjungi warga kota itu, yakni Pajak/Pasar Kota Baringin dan Pasar Swadaya Sibolga. Padal pada kegiatan itu, yakni Ipda Elo Marbun.

Sekedar menambahkan, beberapa kasus Positif COVID-19 telah terjadi di kota itu dalam kurun waktu dua minggu terakhir. Mereka yang dinyatakan positif ada yang dirawat dan di isolasi di Rumah Sakit Umum (RSU) Ferdinand Lumban Tobing (FL Tobing) Sibolga, di Wisma Atlet Aek Parombunan Sibolga dan di RSU lain, seperti di RSU Tarutung di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan RSU Martha Friska Medan. Serta puluhan orang yang terpaksa harus menjalani isolasi mandiri di rumah dan di Wisma Atlet Aek Parombunan Sibolga, yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sibolga. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *