Danrem 023/KS, Febriel Buyung Sikumbang, menyaksikan penandatanganan berita acara kegiatan Karbak TNI Kodim 0210/TU di Kabupaten Samosir, Sumut, Jumat (9/7). (seputartapanuli/dok penrem 023/ks)

Samosir, seputartapanuli.com – Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, menutup secara resmi karya bhakti (Karbak) Komando Distrik Militer (Kodim) 0210/Tapanuli Utara (TU) di Desa Bonan Dolok Binangara, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (10/7).

Dalam sambutannya, Febriel menyebutkan, Karbak TNI merupakan salah satu bentuk optimalisasi kegiatan pembinaan teritorial dengan harapan agar prajurit khususnya Kodim 0210/TU lebih peduli terhadap kondisi lingkungan dan dapat menjalin hubungan yang positif.

“Selain itu menjadi bukti kemanunggalan TNI-Rakyat,” kata Febriel.

Ia berharap, kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut kiranya dapat dijadikan modal berharga untuk mewujudkan kekuatan pertahanan negara bagi kepentingan pembangunan nasional. Sekaligus juga diharapkan menjadi model pemberdayaan pembangunan yang solusi dalam menyelesaikan dan menjawab berbagai persoalan yang dihadapi bangsa dan negara.

“Untuk itu, pelihara dan manfaatkan sebaik mungkin sarana dan prasarana yang telah dibangun bersama masyarakat ini agar memiliki nilai manfaat dan masa pakai yang lama,” pesan Febriel.

Komandan Kodim (Dandim) 0210/TU, Letkol (Czi) Rony Agus Widodo menyebutkan, kegiatan Karbak TNI Kodim 0210/TU kali ini menyasar beberapa pembangunan sarana umum, antara lain berupa pembukaan jalan 800 meter, pembuatan gorong-gorong enam unit, Dik PTP 400 meter, saluran air dan rabat beton.

“Juga dilakukan perbaikan lantai jembatan belly 8 meter,” sebut Rony.

Sementara itu, salah seorang warga, J Sitanggang, mewakili masyarakat Desa Bonan Dolok Binangara, mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Kodim 0210/TU dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir yang telah membangun desa mereka.

“Dengan adanya Karbak TNI ini, telah menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya gotong-royong dan partisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendir,” ucapnya.

Turut hadir pada acara penutupan Karbak TNI tersebut, Anggota DPR RI, Hinca Panjaitan, Bupati Samosir, Vandiko Timoteus Gultom, Waka Polres Samosir, Kompol R Affandi, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Samosir, Jabiat Sagala, dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Samosir, A Adikawira. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *