Sibolga, SeputarTapanuli.com – 44 Personil Kepolisian Resort (Polres) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) diterjukan untuk mengamankan rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (3/10). Kegiatan itu cuma diikuti satu Paslon, yakni Bahdinnur Tanjung-Edipolo Sitanggang (ABADI).

“Pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Penyelenggara KPU, Paslon dan massa pendukung yang melaksanakan Rapat Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga di Kantor KPU Sibolga,” kata Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, dalam keterangannya selaku Kepala Operasi Polres (Ka Ops Res) saat berada di lokasi kantor KPU Sibolga.

Kapolres mengakui, pengamanan pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga di kantor KPU Sibolga tersebut berjalan aman dan kondusif. Selama pelaksanaan kegiatan pengamanan, Personil Polres Sibolga, Penyelenggara Pilkada, Paslon dan kurang lebih 40 simpatisan Paslon tetap mentaati Protokol Kesehatan guna mencegah Penularan COVID-19.

“Selama berlangsungnya kegiatan Pengamanan juga tidak ada ditemukan gangguan Kamtibmas. Begitu pun selesai kegiatan yang dihadiri oleh Bapak Akbar Tanjung (sesepuh Partai Golkar), situasi aman dan kondusif. Paslon maupun simpatisan tidak ada melakukan arak-arakan/pawai di wilayah hukum (Wilkum) Polres Sibolga,” ujarnya.

Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid bersama 4 Komisioner KPU Sibolga, Salmon Tambunan, Asa Dame Simanjuntak dan Afwan Nasution, saat menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Sabtu (3/10). (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Sibolga)

Dalam pengamanan pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga itu, Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, terjun langsung ke lapangan selaku Kepala Operasi Polres (Ka Ops Res). Dia didampingi Waka Polres Sibolga, Kompol R Sihombing, selaku Waka Ops Res dan Kabag Ops Polres Sibolga, Kompol Jono Sirait, selaku Koordinator Pengamanan (Pam) dan Kasatgas OMP 2020 Polres Sibolga.

Sementara pada tahap pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang dipimpin langsung Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid bersama 4 Komisioner KPU Sibolga diantaranya Salmon Tambunan, Asa Dame Simanjuntak dan Afwan Nasution tersebut, KPU Sibolga menetapkan pasangan Bahdin Nur Tanjung-Edipolo Sitanggang sebagai pasangan calon (Paslon) Wali kota dan Wakil Wali kota Sibolga nomor urut 2 dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020. Penetapan itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU Sibolga Nomor : 78/PL.02.2-Kpts/1273/KPU-Kota/IX/2020, tanggal 3 Oktober 2020.

Sebelumnya, KPU Sibolga telah menetapkan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing (JP) sebagai Paslon nomor urut 1 di Pilkada Sibolga 2020. Sedangkan satu Paslon lainnya dari jalur Perseorangan (Independent), Ahmad Sulhan Sitompul-Edward Siahaan (ASSED), belum diketahui kapan jadwal penetapan mereka. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *