Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, foto bersama dengan Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang dan Forkopimda dan tenaga kesehatan (Nakes) Toba usai meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi massal Covid-19 TNI/Polri bersama BPODT di Kaldera Kabupaten Toba, Sumut, Jumat (7/8). (seputartapanuli/dok penrem 023/ks)

Toba, seputartapanuli.com – Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Hassanudin, didampingi Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi massal Covid-19 TNI/Polri bersama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) di Kaldera Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (7/8).

Pada kesempatan itu, Pangdam Mayjen Hassanudin, menyampaikan perihal perkembangan kasus Covid-19 di Sumut. Menurutnya, kasus Covid-19 di Sumut perlu mendapat perhatian semua pihak karena resiko terpaparnya jelas dan nyata.

“Kita berdoa bersama-sama agar kasus Covid-19 ini dapat turun. Namun kita juga harus sering mengedukasi orang terdekat kita untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes),” kata Hassanudin.

Dia juga mengharapkan supaya jangan ada lagi masyarakat yang mengucilkan bilamana ada keluarga, saudara, teman atau masyarakat yang terpapar Covid-19. Tapi bisa bersama-sama memberikan semangat agar penderita Covid-19 dapat segera sembuh dan bisa kembali normal seperti sebelumnya. Karena menurutnya, penyakit Covid-19 bukan merupakan aib, tapi sesuatu yang harus dilawan bersama-sama.

“Jadi, saat ini bukan membahas masalah siapa yang terpapar, tapi bagaimana caranya membasmi musibah ini hingga segera berakhir dan kehidupan kembali normal seperti semula. Sedangkan untuk membasminya, harus terus waspada dan bersama-sama bekerja keras dalam penanganannya. Begitu juga masyarakat agar bisa mendukung dengan tetap disiplin menjalankan prokes,” tukas Hassanudin.

Sementara terkait pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi massal Covid-19 TNI/Polri bersama BPODT Toba, Pangdam Hassanudin menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan itu. Sebab, antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi dilihatnya sangat tinggi.

“Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, Polri, Pemerintah Daerah (Pemda) dan juga pihak terkait lainnya yang selama ini terus bekerja keras menangani Covid-19. Mudah-mudahan dengan sinergitas ini, apa yang diharapkan segera terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Danrem Kolonel Febriel menyampaikan tentang pelaksanaan kegiatan vaksinasi di wilayah Korem 023/KS. Menurut Alumni Akademi Militer (Akmil) 1995 ini, vaksinasi di wilayah Korem 023/KS telah berjalan dengan baik. Namun demikian, pemegang tongkat komando di wilayah Pantai Barat Sumut ini tetap mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar mematuhi Prokes dan menggunakan masker sekalipun telah divaksinasi.

“Karena senjata utama untuk menangkal dari terpaparnya Covid-19 adalah dengan melakukan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. Upaya ini harus dilakukan untuk pencegahan terhadap virus corona,” jelas Febriel.

Sebelum meninjau kegiatan vaksinasi, Pangdam Mayjend Hassanudin, melaksanakan kegiatan video confrance (Vidcon) bersama Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Vidcon tersebut digelar dalam rangka pembukaan workshop pengembangan ekonomi kreatif kriya berbasis daur ulang HKBP Siborong-borong dan soft launching bobocabin signature di Desa Parsaoran Sibisa Toba Caldera.

Turut hadir dalam peninjauan itu, Danrem 022/Pantai Timur (PT), Kolonel (Inf) Parlindungan Hutagalung, Bupati Toba, Poltak Sitorus, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0210/Tapanuli Utara (TU), Letkol (Czi) Roni Agus Widodo, Bambang Cahyo Murdoko bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Toba.

Selain itu juga hadir, Asisten Logistik (Aslog), Asisten Teritorial (Aster), Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/BB, dan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *