Sekdakab Tapsel, Parulian Nasution, atas nama Bupati Tapsel, Doly Putra Parlindungan Pasaribu, disaksikan Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, (Kanan) dan lainnya memukul gong tanda TMMD ke-111 Tahun 2021 Kodim 0212/TS resmi dibuka, Selasa (15/6). (seputartapanuli/dok penrem 023/ks)

Padang Sidimpuan, seputartapanuli.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Tahun 2021 Komando Distrik Militer (Kodim) 0212/Tapanuli Selatan (TS) resmi dibuka. Acara pembukaan dilaksanakan di Aula Daulay-Simorangkir Markas Kodim 0212/TS, Selasa (15/6)

Komandan Resor Militer (Korem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, selaku pemegang tongkat komando di wilayah Korem 023/KS yang salah satunya meliputi wilayah Kodim 0212/TS, hadir langsung pada acara pembukaan itu.

Juga Bupati Tapsel, Doly Putra Parlindungan Pasaribu, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel, Parulian Nasution.

TMMD ke-111 Kodim 0212/TS ini, menyasar dua jenis kegiatan, yaitu fisik dan non fisik. Kegiatan fisik, meliputi pembukaan jalan sepanjang 6.400 meter (6,4km) dengan lebar 8 meter menghubungkan Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat, dan Kelurahan Batu Rosak, Kecamatan Angkola Sangkunur.

Kemudian, perkerasan badan jalan (telford) 4 meter x 1.483 meter (1,4 km), penggalian parit tanah, dan pembuatan jembatan sebanyak 4 unit.

Sementara sasaran non fisik, meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang), penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian, kesehatan, narkoba, pendidikan, agama dan KB-Kes.

Menurut Danrem Kolonel Febriel dalam sambutannya, TMMD merupakan program dan kegiatan TNI bersama pemerintah dan masyarakat yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu juga dapat menciptakan akselerasi percepatan pembangunan daerah serta membuka daerah-daerah yang terisolir, sehingga akan tercipta kesejahteraan masyarakat.

“Hal itu disebabkan TNI lahir dari rakyat, sehingga TNI akan selalu ada dan memberikan yang terbaik untuk rakyat. Sesuai dengan tema TMMD kali ini, Wujud Sinergi Membangun Negeri,” ungkap Febriel.

Demikian halnya disampaikan Sekdakab Tapsel, Parulian Nasution, atas nama Bupati Tapsel, Doly Putra Parlindungan Pasaribu, yang juga didaulat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan TMMD ke-110 Kodim 0212/TS tersebut.

Parulian juga mengakui, selain akan menghubungkan desa terisolir dan Kecamatan Angkola Barat dengan Kecamatan Angkola Sangkunur serta mempercepat pertumbuhan perekonomian desa, kegiatan TMMD ke-111 juga akan meningkatkan tarap hidup masyarakat desa, agar tidak ada lagi perbedaan desa dengan kota.

“Sebab kegiatan TMMD ke-111 bukan hanya fisik, namun di dalamnya termasuk sosial kemasyarakatan yang melibatkan semua dinas-dinas yang ada di Pemkab Tapsel,” tukas Parulian.

Usai pembukaan, Danrem Kolonel Febriel bersama Komandan Distrik Militer (Dandim) 0212/TS, Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing, Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smarhadan Elhaj,  Kapolres Padang Sidimpuan, AKBP Juliani Prihartini, Sekdakab Tapsel, Parulian Nasution, dan Wakil Wali Kota Padang Sidimpuan, Arwin Siregar, dan lainnya, selanjutnya turun meninjau lokasi TMMD. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *