Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut) kini memiliki gedung baru. Letaknya di Jalan Raja Djunjungan Lubis, Pandan.

Peresmiannya dilakukan langsung oleh Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakilnya, Darwin Sitompul serta Ketua dan Wakil Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu dan Willy Sahputra Silitonga, Rabu (27/1).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, pembangunan gedung baru Dinkes Tapteng didasari oleh kondisi gedung lama Dinkes Tapteng yang sudah tidak layak untuk ditempati. Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng melakukan pembangunan terhadap gedung baru Dinkes Tapteng, sementara gedung lamanya akan diruntuhkan untuk dijadikan sebagai Taman Kota.

“Selamat menempati gedung baru Dinkes Tapteng ini dan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap pembangunan gedung baru Dinkes Tapteng in

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menandatangani prasasti gedung baru kantor Dinkes Tapteng, Rabu (27/1). (SeputarTapanuli/Dok Kominfo Tapteng)

Keberadaan gedung baru Dinkes Tapteng ini diharapkan dapat meningkatkan pembinaan, pelayanan, pengendalian, dan pengawasan kepada masyarakat dengan kendali Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas yang ada di Tapteng.

Begitu juga dengan para pegawai Dinkes Tapteng mulai dari Dokter, Perawat, Bidan, maupun Tenaga Kesehatan (Nakes) lainnya diharapkan bisa termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas serta meningkatkan pembinaan, pelayanan, pengawasan, dan pengendalian dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kepada Ibu Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) dan jajaran, saya titipkan kantor ini untuk dirawat dan dijaga. Tidak ada gunanya kantor ini kalau saudara-saudara tidak bekerja demi kepentingan masyarakat,” tutur Bupati.

Para Kepala Puskesmas (Kapus) juga ditekankan supaya jangan pernah menolak pasien yang datang berobat ke Puskesmas, sekalipun pasien tersebut (Bisa saja) datang tidak memiliki/mempunyai uang.

“Ingat, ini adalah dosa bagi kita, karena ini adalah tanggung jawab kita. Berkemanusianlah dalam bekerja,” tukasnya.

Bupati kemudian menyampaikan mengenai impiannya atau mimpinya pada 2022 mendatang atau paling lama 2023. Diharapkan Tapteng bisa memiliki gedung khusus Ibu dan Anak di RSUD Pandan lama dalam rentang waktu itu. apalagi Tapteng sudah hampir 3 tahun memberikan makan gratis 3 kali sehari kepada setiap pendamping pasien di RSUD Pandan.

“Itu lah impian saya. Sebab infrastruktur jalan sudah kita perbaiki sekalipun beberapa diantaranya belum selesai karena keterbatasan anggaran. Termasuk dengan 125 anak Tapteng yang lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah kita kuliahkan dan kita berharap 5-10 tahun ke depan, bisa menguliahkan anak Tapteng hingga 1.000 orang. Hal ini merupakan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh bupati-bupati sebelumnya,” pungkasnya.

Peresmian gedung baru Dinkes Tapteng tersebut selain ditandai penekanan sirene dan pembukaan selubung plakat Dinkes Tapteng, juga ditandai penandatanganan prasasti peresmian gedung baru Dinkes Tapteng oleh Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, sekaligus pengguntingan pita.

Sebelum memiliki gedung baru, Dinkes Tapteng kabarnya sudah beberapa kali pindah kantor. Dinkes Tapteng pernah menggunakan bekas Kantor Kelurahan Pandan di jalan ZA GIR Sutan Kumala Pontas atau tepatnya dibelakang Kantor Polsek Pandan sebelum pindah ke tempat mereka yang terakhir ini. Bahkan gedung terakhir yang mereka tempati itu merupakan bekas Kantor DPRD Tapteng.

Sementara diperesmian itu, tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapteng, Hendri Susanto Lumban Tobing dan Kadiskes Tapteng, Nursyam, serta lainnya

Acara sebelumnya diawali doa dipandu oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapteng, Ustadz Ngadiman KS. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *