Sibolga, SeputarTapanuli.com – Tim gabungan TNI/Polri bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), terus menguber (Merazia) warga Kota Sibolga yang tidak memakai masker. Hal itu dilakukan semata-mata demi kesehatan dan mencegah penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Tercatat hingga hari ketiga Operasi Yustisi 2020 yang digelar oleh tim gabungan TNI/Polri bersama Pemkot Sibolga tersebut, sebanyak 190 orang warga kota itu telah diberikan tindakan karena tidak menggunakan/memakai masker saat beraktivitas/berada di luar rumah. Penindakan yang diberikan berupa peringatan tertulis dan teguran tertulis.

“Dari 190 orang yang telah ditindak selama tiga hari pelaksanaan kegiatan itu (Operasi Yustisi 2020), 163 orang diantaranya diberikan peringatan tertulis dan 27 orang teguran tertulis,” kata Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, melalui Kasubbag Humas, Iptu R Sormin, usai turun menggelar Operasi Yustisi 2020 hari ketiga pada Rabu (16/9) itu.

Sormin mengatakan, sebelum operasi penindakan, tim gabungan yang terdiri dari Personil Kodim 0211/TT, Lanal Sibolga, Polres Sibolga, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sibolga, terlebih dahulu menggelar apel bersama di depan kantor Sat Pol PP Sibolga. Apel itu dipimpin Sekretaris Sat Pol PP Sibolga, Faisal F Lubis, dihadiri Waka Polres Sibolga, Kompol R Sihombing, Kasat Sabhara, Iptu Suparjo, Kasat Lantas, AKP Suprianto Pardjannijadi, Kasubbag Humas, Iptu R Sormin, dan lainnya. Sementara kegiatan razia dipimpin oleh Kabag Ops, Kompol Joni Sirait.


Tim gabungan TNI/Polri dan Pemkot Sibolga ketika memberikan tindakan dan masker kepada warga yang diketahui tidak memakai masker dalam Operasi Yustisi 2020 Polres Sibolga bersama tim dari TNI dan Pemkot Sibolga, Rabu (16/9). (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Sibolga)

Selanjutnya tim turun melakukan razia ke beberapa tempat yang menjadi lokasi kegiatan warga Kota Sibolga, seperti Kedai kopi Bahagia, Kedai kopi Pasar Baru, Kedai kopi Kok Tong, Simpang 4 Bapas Sibolga, Tugu BPDSU arah Sibolga Barus dan Perbatasan Sibolga-Tapteng.

“Dalam pelaksaaan kegiatannya dilakukan penindakan, berupa pemberian teguran secara humanis kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan teguran tertulis mencatat identitas sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP),” ucap Sormin.

Selain itu, tim gabungan juga memberikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker, serta mencek suhu badan masyarakat serta memberikan tindakan persuasif dan edukatif kepada masyarakat pengguna jalan. Selanjutnya, tim gabungan mengimbau masyarakat supaya tetap menggunakan masker untuk menghindari dan menjaga agar kelangsungan klaster COVID-19 tidak menyebar kemana-mana.

“Untuk masker yang dibagikan sebanyak 1.000 lembar. Rinciannya, satu titik 40 pcs atau 200 lembar dalam satu kegiatan setiap hari mulai Senin-Jumat, 14-15 September 2020,” pungkas Sormin.

Sementara dalam kegiatan itu, tim gabungan TNI/Polri bersama Pemkot Sibolga juga melibatkan tokoh super hero dalam perfilman, seperti Iron Man dan Batman, yang diperankan oleh warga.  (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *