YTapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Personil Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT) dinyatakan non reaktif setelah mereka menjalani rapid test.

Rapid test itu berlangsung di dua lokasi, yaitu di markas Komando Rayon Militer (Koramil) Sorkam, Kecamatan Sorkam, dan di Posko TMMD di Desa Siantar Ca, kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), pada Kamis (16/7) kemarin.

“Pada dua lokasi itu selain diikuti Satgas TMMD juga diikuti oleh personel Koramil. Dari hasil pemeriksaan, seluruh dinyatakan negatif,” kata Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke-108 dan juga Komandan Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, Jumat (17/6).

Dadang mengungkapkan tujuan dari rapid test tersebut dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu sesuai instruksi Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Panglima Daerah Militer (Pangdam) untuk melakukan rapid test kepada jajaran TNI yang ada di daerahnya untuk melakukan pengamanan ke dalam.

“Karena mengingat dalam melaksanakan tugasnya, TNI selalu berhubungan dan bersentuhan dengan masyarakat. Apalagi baru-baru ini ada personel di Secapa Bandung yang reaktif. Dengan adanya pemeriksaan ini, kita mengetahui bagaimana kondisi personel saat ini,” imbuhnya.

Dia mengakui, seandainya dari hasil pemeriksaan ada yang reaktif, maka pihaknya akan mengumumkan dan mengkoordinasikan dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga untuk dilakukan Swab.

“Jika hasil Swab juga positif, maka yang bersangkutan dan keluarganya akan di Swab dan dilakukan karantina,” tukasnya.

Sebelumnya, kegiatan rapid test itu juga dilakaanakan di Makodim 0211/TT di Sibolga dan diikuti oleh personil TNI jajaran Kodim 0211/TT dan beberapa tempat lainnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *