Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Warga Desa Siantar Ca, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), mulai tersenyum sumringah karena jalan ke desa mereka sudah terbuka. Hal itu berkat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT).

N Bondar, 48, salah seorang dari warga Desa Siantar Ca, yang tampak sumringah atas pembukaan jalan itu, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada TNI yang telah membuka jalan baru ke desa mereka. Menurutnya, jalan tersebut merupakan akses transportasi utama mereka untuk mengangkut hasil kebun dan hasil bumi lainnya.

“Selama ini kami kesulitan setiap kali mengangkutnya untuk dipasarkan,” sebut Bondar, Senin (20/7).

Warga desa lainnya, Saruksuk, mengamini hal itu. Bahkan kata dia, warga juga selama ini harus melintasi jalan tikus (jalan kecil) dan menuruni lembah serta melintasi sungai setiap kali hendak menyeberang atau mengangkut hasil bumi.

“Dengan dibangunnya jalan dan jembatan oleh Satgas TMMD, maka akses transportasi kini menjadi lancar. Warga sudah tidak terbeban lagi dalam mengangkut hasil bumi dengan menggunakan kendaraan. Jadi sudah lebih ringan dan cepat saat ini,” timpal Saruksuk.

Sebelumnya, Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, saat melihat langsung lokasi pengerjaan jalan bersama Danrem 023/KS yang diwakili Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Komando Resort Militer (Korem) 023/Kawal Samudera (KS), Letkol (Inf) Edi Harianto, menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan program TMMD dengan baik dan tepat waktu. Salah satunya yakni menyelesaikan pembukaan jalan baru diwilayah sasaran TMMD.

“Kita akan memberikan karya terbaik buat masyarakat, sesuai tema kita ‘TMMD Pengabdian untuk Negeri’. Seluruh program fisik dan non fisik diharapkan selesai, sesuai dengan tenggang waktu yang ditargetkan,” tukas Dadang, yang juga Komandan Kodim (Dandim) 0211/TT ini.

Dalam program TMMD ke-108 Kodim 0211/TT tersebut dilakukan berbagai kegiatan pembangunan fisik dan non fisik di wilayah Desa Siantar Ca tersebut. Bahkan tidak hanya diwilayah desa itu, melainkan juga menjangkau dua desa lainnya sebagai daerah sasaran TMMD tersebut, yakni Desa Huta Tombak dan Desa Huta Baringin.

Pembangunan fisik program TMMD ke-108 Kodim 0211/TT itu sendiri, salah satunya itu adalah pembukaan jalan baru di wilayah Desa Siantar Ca tersebut. Namun jalan baru itu terhubung dengan kedua desa lainnya tersebut.

Jalan baru yang telah dibuka itu sepanjang 1.850 meter (1,85 Km) dan rehab jalan lama sepanjang 3.700 meter (3,7 Km). (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *