Sibolga, SeputarTapanuli.com – Pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga Nomor Urut 1, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing (Jamal-Pantas), terus memaparkan program dalam visi dan misi mereka. Salah satunya kali ini soal mobil dinas.

Jamal mengatakan, jika terpilih, Jamal-Pantas (JP) tidak memerlukan mobil dinas mewah sebagai sarana mereka untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan. Jamal-Pantas malah ingin menambah mobil (truk) dan gerobak sampah agar bisa menjemput sampah dari masyarakat minimal 2 kali sehari.  Sehingga Sibolga bersih dan sehat.

“Tidak ada gunanya kita bangun rumah sakit (RS) jika Sibolga tidak bersih. Maka itu, Jamal-Pantas tidak memerlukan mobil dinas mewah nantinya, cukup mobil dinas biasa. Yang terpenting bagi Jamal-Pantas menambah mobil dan gerobak sampah,” kata Jamal baru-baru ini dalam pertemuannya dengan pedagang di Pasar Sibolga Nauli.

Jamal menyebutkan, tujuan Jamal-Pantas untuk menambah mobil dan gerobak sampah, disamping untuk mewujudkan Sibolga Bersih sesuai Jargon Jamal-Pantas mewujudkan Sibolga Sehat, Pintar, dan Makmur, adalah untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Sebab sampah bisa dikelola menjadi sesuatu yang bernilai/bermanfaat atau bahkan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

“Sampah kan bisa dikelola menjadi pupuk organik (Kompos) atau lainnya yang bernilai dan bermanfaat,” tutur Jamal.

Jamal pun lantas mengkritisi keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sibolga yang berada di wilayah Aek Parombunan, Sibolga. Menurutnya, keberadaan TPA ditempat itu sungguh tidak layak karena berada di atas permukiman masyarakat.

“Jika Jamal-Pantas memimpin, TPA itu akan kita upayakan untuk dipindahkan ke tempat yang lebih tepat. Kita nanti coba kolaborasi dengan daerah lain untuk membangun TPA Terpadu di tempat lain yang layak dan tepat. Masa TPA berada di atas permukiman masyarakat,” pungkas Jamal. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *