Padangsidempuan, SeputarTapanuli.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65, Prajurit Bataliyon Infanteri (Yonif) 123/Rajawali (RW) bersama Persit melaksanakan ziarah dan tabur bunga, Kamis (26/11).

Kegiatan itu dilakukan di dua tempat, yakni di Makam Markas Komando (Mako) Yonif 123/RW dan Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Padang Sidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut).

Komandan Yonif (Danyonif) 123/RW, Mayor (Inf) Goklas Pirtahan Silaban, mengatakan ziarah ke taman makam pahlawan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur serta meresapi dan merenungi setiap perjuangan para pahlawan yang telah berjuang dan merebut kemerdekaan Republik Indonesia *R)).

“Ziarah dan tabur bunga di TMP ini juga merupakan wujud nyata kita sebagai generasi muda untuk selalu mengenang jasa para pahlawan serta menghargai jasa dan keringat para pahlawan kita yang telah berjuang sampai titik darah penghabisan untuk meraih kemerdekaan bangsa ini,” ujarnya.

Danyonif 123/RW, Mayor (Inf) Goklas Pirtahan Silaban ketika menabur bunga di atas Pusara Pahlawan di TMP di Padang Sidempuan, Kamis (26/11). (SeputarTapanuli/Dok Penrem 023/KS)

Goklas juga mengakui, ziarah dan tabur bunga ke makam Pahlawan memiliki arti yang sangat penting, yaitu sebagai penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya kepada Nusa dan Bangsa. Juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para Pahlawannya.

“Terima kasih para Pahlawan yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Semoga kita sebagai generasi muda selalu bisa menjaga dan mempertahankan apa yang sudah diwariskan oleh para Pahlawan kita tercinta,” pungkasnya.

Ziarah dipimpin oleh Wakil Komandan Yonif 123/RW, Mayor (Inf) Alex Donald Surbakti. Dimulai dengan penghormatan kepada para arwah Pahlawan lalu peletakan karangan bunga serta penaburan bunga di seluruh makam Pahlawan. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *