Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Kader-kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), memberikan kado 500 batang pohon kepada Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarno Putri diperayaan Ulang Tahunnya (HUT) ke-74 yang jatuh 23 Januari 2021. Penyerahannya dilakukan secara sombolis lewat ‘Gerakan Penanaman Pohon’ yang dilaksanakan di sepanjang bantaran sungai di tiga Kecamatan di Tapteng, mulai dari Kecamatan Pandan, Sarudik hingga Kolang.

“Selain sebagai Kado Ultah Ketum PDIP Ibu Megawati Soekarno Putri, juga sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48  PDIP yang jatuh pada 10 Januari 2021 lalu,” kata Ketua DPC PDIP Tapteng, Horas Sampe Tua Hutagalung saat melakukan penanaman pohon Kado Ultah kader DPC PDIP Tapteng kepada Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri tersebut dibantaran sungai Sibuluan di Kecamatan Pandan, Tapteng, Sabtu (23/1).

Kader-kader DPC PDIP Tapteng saat melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Sarudik, Sabtu (23/1). Pohon-pohon tersebut sebagai kado kader PDIP kepada Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri di HUT nya ke-74 yang jatuh tepat pada 23 Januari 2021. (SeputarTapanuli/Jhonny Simatupang)

Horas mengatakan, pemberian pohon sebagai kado Ultah Megawati tersebut merupakan tindak lanjut dari rekomendasi kongres partai yang diperkuat dengan rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta beberapa waktu lalu. Gerakan menanam pohon ini juga untuk meneladani sikap dan tindakan Proklamator Indonesia, Ir Soekarno (Bung Karno) dan Presiden RI ke 5 sekaligus Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

“Ibu Megawati mirip Bung Karno. Ibu Megawati sangat memberikan perhatian terhadap alam dan tanaman. Ibu Megawati akan marah jika ada kadernya yang membuang sembarangan biji buah. Begitu juga Bung Karno yang dalam sejarahnya, gemar menanam pohon bahkan hingga di beberapa Negara,” ungkap Horas.

Horas pun meminta dan berharap kepada seluruh masyarakat dimanapun berada, khususnya di wilayah Tapteng untuk bersama-sama menanam, merawat dan menjaga pohon demi mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor serta menjaga kelestarian alam. Terutama untuk mencegah terjadinya pemanasan global yang dapat memengaruhi hajat hidup orang banyak.

“Dalam studi terbaru, wilayah bumi yang ditempati oleh sepertiga populasi dunia, termasuk Indonesia akan sulit bertahan 50 tahun mendatang, karena pemanasan global akibat emisi gas rumah kaca. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan, 1 pohon sangat berarti bagi kehidupan,” tukasnya.

Ronald Pakpahan, Ketua Panitia penanaman pohon kado ultah ke-74 Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri didampingi Ketua DPC PDIP Tapteng, Horas Sampe Tua Hutagalung saat melakukan penanaman pohon, Sabtu (23/1). (SeputarTapanuli/Jhonny Simatupang)

Ketua Panitia Kegiatan, Ronald Pakpahan menuturkan, seluruh pohon yang diberikan kader DPC PDIP Tapteng sebagai Kado Ultah ke-74 Ketum Megawati Soekarno Putri tersebut terdiri dari berbagai macam jenis, ada pohon kayu dan pohon buah-buahan. Penyerahannya dilaksanakan lewat ‘Gerakan Penanaman Pohon PDIP’.

“Pohon kayu tersebut seperti Trembesi dan Ketapang. Sementara pohon buah-buahan seperti pohon Jenggol, Manggis, Durian, Rambutan, dan lainnya,” beber Ronald.

Ronald membenarkan, gerakan menaman pohon PDIP ini diharapkan bisa menjadi sebuah ajakan kepada masyarakat agar bersama-sama peduli dan menjaga lingkungan sekitar.

“Merawat alam dan lingkungan dengan sendirinya juga akan bermakna merawat kehidupan,” pungkasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *