Sibolga, Seputartapanuli.com – Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, memberikan piagam penghargaan kepada Lurah Huta Tonga-Tonga, Tigor P Tambunan, atas dedikasinya menciptakan Kampung Tangguh atau Kampung PATEN di Kelurahan Huta Tonga-Tonga, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (3/9).

Kapolres juga memberikan piagam penghargaan yang sama kepada salah seorang personil Bhabinkamtibmas Polres Sibolga, Aipda Hadi H Sitanggang.

Penyerahan piagam penghargaan dilangsungkan dalam sebentuk upacara di halaman Mapolres Sibolga dengan Komandan Apel Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Sibolga, Ipda Suyatno. Dihadiri Waka Polres Sibolga, Kompol R Sihombing, dan para Kepala Bagian (Kabag), Kepala Satuan (Kasat), Kapolsek, Perwira serta anggota Polres Sibolga.

Dalam amanatnya, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada Lurah Huta Tonga- Tonga, Tigor P Tambunan, dan Bhabinkantibmas Aipda, Hadi H Sitanggang, karena telah menjalankan tugas dengan baik dalam menciptakan/mendirikan Kampung Tangguh di Kota Sibolga, tepatnya di Kelurahan Huta Tonga-Tonga.

Kampung Tangguh atau disebut Kampung PATEN tersebut berasal dari kata Peduli, Aman, Terpercaya, Empati dan Nyaman. Didirikan dan dicanangkan dalam rangka untuk menjaga situasi Kamtibmas dan mengajak masyarakat untuk produktif dan bersama-sama memutus mata rantai COVID-19, terutama peredaran Narkoba.

“Jadi, Kampung Tangguh ini sama artinya dengan Kampung PATEN di tingkat Sumut,” kata Kapolres.

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi salam COVID dengan personil Bhabinkamtibmas Polres Sibolga, Aipda Hadi H Sitanggang, sebelum menyerahkan piagam penghargaan atas dedikasi menciptakan Kampung Tangguh di Kota Sibolga, bertempat di halaman Mapolres Sibolga, Kamis (3/9). (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Sibolga)

Kapolres juga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Lurah Huta Tonga-Tonga, Tigor P Tambunan, karena menjadi orang yang pertama memiliki/mempunyai inisiatif untuk memanfaatkan dana Kelurahan untuk pengadaan indikator chek point (Pos pemeriksaan) dan problem solving (Tempat untuk mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk mengatasinya) serta lainnya.

“Adapun, Kampung Tangguh ini, pada intinya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19, sebab di Kampung Tangguh ada satu kalaborasi antara Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Hall itu menjadi penjuru dalam melaksanakan Protokol Kesehatan serta mempersempit dari pada peredaran Narkoba,” ucap Kapolres.

Kampung Tangguh atau Kampung PATEN ini merupakan binaan Polres Sibolga, yang diresmikan pada Senin 17 Agustus 2018 lalu atau bertepatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI). Acara peresmiannya langsung dilakukan oleh Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, bersama Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, dan Dandim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex.

“Harapan saya, kiranya pemberian piagam penghargaan kepada Lurah Huta Tonga-Tonga, Tigor P Tambunan, dan Bhabinkamtibmas Polres Sibolga, Aipda Hadi H Sitanggang ini, bisa menjadi pemicu semangat serta motivasi bagi para Bhabinkamtibmas dan Lurah-Lurah lainnya yang ada di Kota Sibolga. Semoga,” pungkas Kapolres.

Lurah Huta Tonga-Tonga, Tigor Tambunan, yang dihubungi terpisah menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Sibolga atas penghargaan tersebut. Namun dengan rendah hati, dia menyampaikan, bahwa penghargaan yang ia terima tersebut sepantasnya diberikan kepada pengurus Kampung PATEN Betlehem, warga, Kepala Lingkungan (Kepling), Bhabinkamtibmas dan Babinsa, yang telah berjuang mewujudkannya. Sebab menurutnya, sudah menjadi tugas Lurah sebagai pemong untuk melayani, melindungi, mengayomi, mengedukasi, mengadvokasi dan berusaha memberikan solusi kepada warga dalam menghadapi ancaman penyebaran COVID-19.

“Adapun program kampung PATEN Betlehem yang merupakan bentuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) warga yang secara sadar dan mandiri menerapkan ketahanan mereka dalam membentengi diri dari upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini juga, diawali dari ide cerdas Polri dan ikhtiar bersama warga, Pemerintah Kelurahan Huta Tonga-Tonga, Kepolisian dan TNI, untuk menjadikan kawasan Betlehem sebagai pilot project percontohan kampung tangguh dalam upaya membentengi warga dari ancaman COVID-19,” tukasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *