Sibolga, SeputarTapanuli.com – Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 2020, Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), akan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut pada 17 Agustus 2020 mendatang. Pengibarannya akan dilaksanakan dibawah laut perairan Pulau Poncan Gadang, Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Rencana kegiatan Komantab tersebut disampaikan langsung Damai Mendrofa, selaku Ketua Komantab Sibolga dan Tapteng, kepada Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, dalam kunjungan audiensi mereka ke Kantor Wali Kota Sibolga, Selasa (4/8).

Damai mengatakan, kegiatan pengibaran bendera merah putih di bawah laut itu akan mereka laksanakan dalam berbagai rangkaian kegiatan bertajuk Kemah dan Bakti Lingkungan dengan masa pelaksanaan selama dua hari, Minggu hingga Senin (16-17/8).

Hari pertama kegiatanKembali Bangkit dan Merdeka” akan diisi dengan berbagai kegiatan bertema lingkungan, diantaranya, Susur Pulau, Aksi Bersih, Ecobrik, Hunting Foto, Diskusi Terfokus, Nonton Bareng, Snorkeling dan Games sejumlah lomba.

“Kegiatan ini berisi kampanye-kampanye penyelamatan lingkungan pesisir, pantai dan laut, termasuk Penyu dan habitat langka di Teluk Tapian Nauli,” ujar Damai.

Sementara hari kedua merupakan puncak upacara pengibaran bendera di bawah laut. Kegiatannya akan dilangsungkan pada pukul 11.30 WIB, diiringi seremoni upacara dan pengibaran oleh petugas penyelam profesional.

“Bagi yang ingin ikut dalam kegiatan ini dapat berkordinasi dengan narahubung, Rara 082273862099 dan Dian Iradhani Pribadi 081396051211. Karena di lokasi acara akan didirikan tenda-tenda peserta, dan akan menginap di Poncan selama satu malam,” pungkas Damai.

Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, menyampaikan apresiasi atas rencana pengibaran bendera merah putih di bawah laut oleh Komantab itu. Dia mengaku akan hadir dan akan menjadi pembina pada saat upacara berlangsung.

Menurutnya, kegiatan itu sangat positif untuk menumbuhkan rasa cinta bahari dan tanah air. Terutama bisa menjadi identitas Kota Sibolga sebagai daerah yang memiliki wilayah perairan laut.

“Pesan saya, persiapkan kegiatan itu secara matang. Jika bisa, kordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi vertikal lainnya, agar kegiatan itu bisa mendapatkan dukungan dari banyak pihak,” tukas Syarfi.

Hadir mendampingi Wali Kota Sibolga, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Binner Lumban Gaol, Plt Kadis Pariwisata, Yahya Hutabarat dan staf ahli. Sementara Komantab dihadiri para pengurus, diantaranya Damai Mendrofa, Hadi Sitanggang, Dian Iradhani Pribadi, Yoel, Rara, Yenny, Bastian dan Liman Tanjung. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *