Sibolga, SeputarTapanuli.com – Pasangan bakal calon (Bacalon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumban Tobing, menghadiri acara konsolidasi DPC Partai Gerindra Sibolga, Senin (3/8). Kegiatan itu bertempat di kantor Sekretariat partai itu di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas.

Dihadapan puluhan pengurus partai yang diketua Syamsuddin Waruwu itu, Jamaluddin Pohan didampingi pasangannya Pantas Maruba Lumban Tobing, membeberkan sejumlah program unggulan pasangan JP (Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumban Tobing) bila terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 9 Desember 2020.

“Program unggulan kita ini telah kita susun dan siapkan untuk kita sampaikan nanti. Ini kita buat untuk menggapai visi dan misi kita dalam mewujudkan Sibolga Sehat, Sibolga Pintar dan Sibolga Makmur,” kata Jamaluddin Pohan yang akrab dipanggil Jamal itu ketika membeberkan perihal program unggulan pasangan JP tersebut saat menyampaikan sambutan pada acara itu.

Program unggulan pasangan JP itu, antara lain pemberian anggaran pembangunan bagi setiap lingkungan, pemberian biaya pendidikan 9 tahun kepada seluruh warga Kota Sibolga yang berstatus SD dan SMP dan pemberian insentif kepada setiap keluarga menjelang hari besar keagamaan dan lainnya.

Program unggulan pemberian anggaran pembangunan bagi setiap lingkungan itu, akan dilakukan pasangan JP lewat pemberian jatah anggaran (dana) untuk pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat di lingkungan itu setiap tahun.

“Besar anggarannya akan disesuaikan dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) di lingkungan itu dan boleh digunakan untuk pembangunan fisik dan juga untuk kegiatan peningkatan ekonomi warga,” ujarnya.

Sementara untuk program pemberian biaya pendidikan 9 tahun bagi seluruh warga Kota Sibolga yang berstatus SD dan SMP tersebut baik negeri atau swasta, akan dilakukan pasangan JP lewat pemberian fasilitas seragam sekolah, mulai dari pemberian sepatu hingga buku pelajaran setiap tahunnya sampai pelajar tersebut tamat SMP.

“Namun program ini tidak kita peruntukkan bagi pelajar SMA, karena mereka (pelajar SMA) sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Propinsi (Propsu). Tetapi bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria dan syarat, akan diberi bea siswa sebesar Rp1,5 juta,” tuturnya.

Selanjutnya untuk program pemberian insentif kepada setiap keluarga menjelang hari besar keagamaan, akan dilakukan pasangan JP lewat pemotongan anggaran belanja Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Hal itu diperbuat pasangan JP dengan maksud untuk memberikan kebahagiaan kepada seluruh masyarakat Sibolga di setiap hari besar keagamaan.

“Kami sudah menghitung, bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sibolga akan mampu untuk itu. Dan itu bukan cerita besar, karena kita tidak mau senang-senang, sementara rakyat kita tak mendapat,” tegas Jamal. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *