Sibolga, SeputarTapanuli.com – Prajurit Komando Resort Militer (Korem) 023/Kawal Samudera (KS), langsung gerak cepat membantu meringankan beban para korban kebakaran ruko di Jalan R Suprapto Sibolga. Selain mengevakuasi material kebakaran, mereka juga mendirikan pos kesehatan dan pos penampungan untuk para korban.

Komandan Resort Militer (Danrem) 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang mengatakan, sebagai mahluk sosial yang hidup bermasyarakat, tentunya pihaknya juga mempunyai rasa tolong menolong kepada sesama manusia atau kepada saudara sebangsa yang dilanda musibah bencana kebakaran.

Sehingga, ia dengan gerak cepat mengerahkan Prajurit Korem 023/KS dan Kodim 0211/TT untuk membantu meringankan korban kebakaran dengan mendirikan Posko gabungan yang terdiri dari, Korem 023/KS, Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT), Kepolisian Resort (Polres) Sibolga, Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Sibolga, Dinas Sosial (Dinsos) Sibolga dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sibolga.

“Kami keluarga besar (Kelbes) Korem 023/KS turut merasakan luka yang mendalam atas terjadinya kebakaran yang menimpa saudara-saudara, pada intinya kita sama-sama tidak menginginkan kebakaran,” tuturnya.

Turut membantu dalam penanganan paska kebakaran itu, Kepala Seksi Operasi Korem (Kasiopsrem) 023/KS, Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 0211/TT, Komandan Rayon Militer (Danramil) 06/Sibolga dan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 023/KS, .

Prajurit TNI dari Korem 023/KS saat mengevakuasi material ruko di jalan R Suprapto yang terbakar pada Sabtu (30/1) dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB. (SeputarTapanuli/Dok Penrem 023/KS)

Sebagaimana diketahui,  peristiwa kebakaran itu terjadi pada Sabtu (30/1) dini hari tadi sekira pukul 03.00 WIB. Sebanyak 8 unit kios dan 2 unit sepeda motor (Septor) serta lainnya ludes terbakar dan 1 orang luka atas nama Jaidah, 48 .

Api diperkirakan berasal dari kios milik Romi, 40, yang kesehariannya berjualan Jus di tempat itu. Hal itu berdasarkan keterangan seorang saksi mata yang melihat peristiwa itu saat melintas bersama dua orang temannya kepada pihak kepolisian.

“Para pemilik kios yang terbakar, yakni Suherman Jambak, Romi, Samsuari, Blaka, Ramlan, Rahmad, Damrin Tanjung, Ajo dan Agus, kemudian bergegas menyelamatkan barang barang mereka. Namun nahas tidak seluruhnya dapat mereka selamatkan karena api keburu membesar,” kata Kasubbag Humas Polres Sibolga, Iptu R Sormin atas nama Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi.

Sormin mengatakan, api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.16 WIB oleh Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dibantu petugas kepolisian dan masyarakat. Sementara kerugian material diperkirakan lebih kurang Rp400 juta, berasal dari 2 unit septor (jenis manual dan matic), 8 unit kios, barang dagangan, peralatan elektronik rumah dan surat-surat berharga. Termasuk 1 unit kios rumah terpaksa dirusak untuk memutus kobaran api agar jangan sampai merembes ke kios-kios lainnya.

“Saat ini kasus kebakaran tersebut dalam proses penyelidikan dan akan dilakukan penyelidikan oleh Forensik Polda Sumut untuk mengetahui asal api,” pungkas Sormin. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *