Kasi Intel Korem 023/KS, Mayor (Cpl) B Situmorang memberikan paparan terkait narkoba dalam sosialisasi P4GN kepada Prajurit dan PNS Korem 023/ks, Kamis (27/5). (seputartapanuli/dok penrem 023/ks)

Sibolga, seputartapanuli.com – Komando Resor militer (Korem) 023/Kawal Samudera (KS) menggelar sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Korem 023/KS di Aula Gupala Markas Korem tersebut, Kamis (27/5).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Seksi Logistik (Kasilog) Korem 023/KS, Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang menyatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk membangun kesepakatan dan peran serta satuan jajaran Korem 023/KS untuk peduli terhadap bahaya narkoba dikalangan prajurit dan PNS Korem 023/KS.

Menurutnya, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) dengan berbagai implikasi dan dampak negatifnya, merupakan suatu masalah internasional maupun nasional yang sangat kompleks yang dapat merusak dan mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara serta dapat melemahkan ketahanan nasional dan menghambat jalannya pembangunan.

“Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia telah bertekad bulat, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan bahaya yang harus diperangi bersama dan segera ditangani sedini mungkin dengan melibatkan seluruh potensi yang ada, baik di instansi pemerintah, masyarakat, LSM dan pihak-pihak terkait lainya,” ungkap Febriel.

Di berbagai media cetak ungkap Febriel, pengguna barang terlarang tersebut tidak hanya di kota-kota, tapi sudah merambah ke desa-desa, mulai dari kalangan ekonomi papan atas sampai golongan ekonomi lemah. Bahkan sudah sangat meresahkan masyarakat dan membahayakan perkembangan generasi muda, sehingga memerlukan penanganan yang terpadu dan serius.

“Perlu diketahui juga, dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi serta semakin maraknya pemberitaan tentang tindak kejahatan teroris dan peredaran narkoba, maka muncul kelompok yang menamakan dirinya Cyber Narcoterrorism, yaitu kelompok yang menggunakan dunia maya (berbagai macam situs terkemuka antara lain youtube, twiteer, facebook, instragram, dll) sebagai wahana mengedarkan narkotika,” bebernya.

Ia pun berharap, dengan dilaksanakannya sosialisasi P4GN dapat menambah wawasan para prajurit dan PNS, sehingga mampu menjaga dan melindungi diri bahkan keluarga. Terlebih anak-anak agar tidak terpengaruh ataupun terlibat pengedaran dan penyalahgunaan narkoba jenis apapun.

“Berilah pemahaman dengan penjelasan yang yang baik kepada anak-anak tentang bahaya penyalahgunaan narkoba melalui komunikasi dan penyuluhan yang efektif sejak dini,” tutup Febriel.

Sementara dalam sosialisasi itu, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Korem 023/KS, Mayor (Cpl) B Situmorang selaku narasumber, menjelaskan tentang macam-macam jenis narkoba, bahaya narkoba dan dampak bagi penggunanya serta cara antisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Saat ini, ancaman narkoba sudah masuk ke hampir seluruh lapisan masyarakat, baik orang dewasa atau anak-anak. Tugas kita, mari kita sama-sama lawan dan kita jauhkan diri kita serta keluarga kita dari bahaya Narkoba,” pinta Mayor Situmorang.(Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *