Tapanuli Utara, SeputarTapanuli.com – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Hassanudin, berkunjung ke Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Kamis (28/1). Dalam kunjungan kerja (Kunker) nya ke daerah itu, selain disambut Tor-tor, tarian tradisional Batak, dia juga dihadiahi (Replika) tongkat sakti Batak, yakni Tunggul Panaluan.

Panjang Tunggal Panaluan biasanya sekitar 150 sampai 200 meter, diberi ukiran menyerupai manusia dan Naga yang merupakan kisah masa lalu. Tunggal artinya satu, Panaluan bermakna selalu mengalahkan.

Tunggal Panaluan juga mengambarkan hubungan tiga wilayah, yakni dunia bawah, dunia tengah dan dunia atas Tiga wilayah tersebut tergambar dalam pahatan pohon yang disebut sibaran (Nasib manusia). Keterkaitan ketiganya mencerminkan kosmologi Batak.

Pangdam I/BB, Mayjend Hassanudin, disambut anak-anak saat mengadakan kunker ke Tarutung, Taput, Kamis (28/1). (SeputarTapanuli/Penrem 023/KS)

Kedatangan Pangdam ke daerah wisata Rohani dan salah satu pemilik pemandian air soda alamiah di dunia itu didampingi Ketua Persit KCK Daerah I/BB, Ny Dwiane Hassanudin, dan Komandan Resoet Militer (Danrem) 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang. Turut serta Asintel dan Asops Kasdam I/BB.

Dalam kunjungannya itu, dia berkesempatan menyambangi Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0210/Tapanuli Utara (TU). Kunjungannya ke Makodim itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja (Kunker) nya bersama rombongannya ke wilayah Korem 023/KS.

Sebelumnya, Pemegang tongkat komando Kodam I/BB ini telah mengunjungi Markas Korem 023/KS di Kota Sibolga dan Markas Kodim 0206/Tapanuli Selatan (TS) serta Markas Bataliyon Infanteri di Kota Padang Sidempuan. Bahkan di dua daerah itu, Kota Sibolga dan Kota Padang Sidempuan, Pangdam berkenan berkunjung ke Markas kepolisian dua daerah untuk memperkuat sinergitas TNI/Polri.

Pangdam I/BB, Mayjend Hassanudin, jiarah ke Makam Pahlawan Sisingamangaraja di Balige, Kabupaten Toba saat mengadakan kunker ke Tarutung, Taput, dan Kabupaten Toba, Kamis (28/1). (SeputarTapanuli/Penrem 023/KS)

Kehadiran Pangdam ke Taput bersama rombongannya itu disambut langsung oleh Komandan Distrik Militer (Kodim) 0210/TU, Letkol (Czi) Rony Agus Widodo dan selanjutnya Pangdam memberikan pengarahan kepada Prajurit, PNS dan Persit Kodim tersebut.

Dalam arahannya, Pangdam menekankan mengenai posisi krusial Babinsa dalam tubuh TNI yang berada di setiap satuan komando. Menurutnya, Babinsa adalah garda terdepan TNI AD, oleh karena itu kerja sama antara Babinsa dan komponen masyarakat lainnya harus terus terjalin dengan baik. Tidak hanya pada bidang keamanan, namun juga dibidang-bidang lainnya dalam mengawal program pemerintah khususnya dalam bidang ketahanan pangan.

“Kerja sama itu lah yang senantiasa harus dijaga sehingga terwujud masyarakat yang aman dan sejahtera,” ucap Pangdam.

Pangdam I/BB, Mayjend Hassanudin dan Ketua Persit KCK Daerah I/BB, Ny Dwiane Hassanudin, diulosi Forkopimda Toba saat berkunjung ke Kabupaten Toba, Kamis (28/1). (SeputarTapanuli/Penrem 023/KS)

Orang nomor satu di Kodam I/BB ini pun berpesan kepada Prajurit, PNS supaya tetap bekerja dan berbuat yang terbaik. Jangan membuat kegiatan sebagai rutinitas, namun bekerja secara sungguh-sungguh.

“Kemudian bijak memanfaatkan media sosial (Medsos). Jangan mudah percaya berita yang tersebar di medsos, atau berita (Hoax) sebelum jelas sumbernya. Bila ada isu – isu atau berita yang belum pasti, pelajari dulu, bila perlu tanya atasan apa maksud dan tujuan berita tersebut, sehingga tidak berdampak kepada keluarga kita,” tukasnya.

Selanjutnya Pangdam dan rombongan menuju Makam Pahlawan Nasional Sisingamaraja di Balige, Kabupaten Toba, untuk melaksanakan ziarah. Kemudian melakukan ramah tamah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Toba dan tokoh masyarakat di Pendopo Bupati Toba.

Setelah silaturahmi dengan Forkopimda Toba, Pangdam kemudian mengunjungi Kompi A Yonif 125/Simbisa di Balige. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *