Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Personil Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT), kembali turun untuk menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi rumah ibadah di Desa Siantar Ca, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Selasa (14/7).

Salah satu yang mereka kerjakan hari itu, yakni Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) yang berada di Dusun Aek Rogas. Disana Satgas melakukan pengecatan setelah sebelumnya mereka merehabilitasi bagian dalam dan luar gereja tersebut.

Gereja itu rencananya akan dibuat seindah dan semenarik mungkin, sama seperti masjid Taqwa yang sudah direhab dan dicat seindah dan semenarik mungkin. Hal itu sebagai bagian dari upaya Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT untuk memuliakan rumah ibadah.

Salah seorang anggota Satgas TMMD, yang terlibat dalam pengecatan gereja itu, Praka Sondang Sidabalok, mengakui pengecatan gereja (GKPI) yang sedang mereka lakukan, tak lain untuk memperindah bangunan gereja yang telah mereka (Satgas TMMD) rehab sebelumnya itu.

“Kini kita lakukan pengecatan agar gereja lebih indah lagi,” kata Sondang disela-sela melakukan pengecatan gereja tersebut.

Hal itu dibenarkan, Sertu Khumar Tarigan, anggota Satgas TMMD lainnya yang juga ikut terlibat dalam pengecatan gereja tersebut. Namun ungkap Khumar, sebelum pengecatan, Satgas TMMD bersama warga melakukan pembersihan gereja terlebih dahulu, supaya pengecatan bisa lebih mudah.

“Terutama dinding gereja diratakan dan dirapikan supaya hasilnya baik ketika di cat,” ucapnya.

Menurut Komandan SSK Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT, Kapten (Inf) Syahrial Batubara, rehabilitasi dan pengecatan rumah ibadah (Gereja dan Masjid) di wilayah sasaran TMMD, merupakan salah satu bagian dari program TMMD ke-108 Kodim 0211/TT dibidang pembangunan fisik yang masuk dalam sasaran tambahan.
Sedangkan utamanya adalah pembukaan jalan baru sepanjang 39 km yang akan menghubungkan tiga desa, yakni Desa Huta Tombak, Huta Baringin dan Siantar Ca.

“Jadi, rehabilitasi rumah ibadah di wilayah sasaran TMMD adalah sebagai wujud kepedulian Satgas TMMD terhadap sarana ibadah, sehingga tercipta tempat ibadah yang bersih dan sehat. Sekaligus juga untuk menjalin hubungan harmonis dengan warga lokasi sasaran TMMD,” tukas Syahrial, yang juga menjabat sebagai Danramil 01/Barus Kodim 0211/TT ini. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *