Sibolga, SeputarTapanali.com – Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga, menggelar Aksi Sosial Internet Gratis (ASIG) untuk memenuhi akses internet pada kegiatan belajar Daring (Dalam Jaringan) bagi siswa-siswi di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut).

“Silahkan adek-adek lakukan pempelajaran secara Daring disini. Kami hanya menyediakan fasilitasnya,” kata Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga, Yudi Ardiansyah, pada pembukaan ASIG belajar Daring, Selasa (18/8), di pelataran halaman Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga, Jalan Gatot Sobroto Pondok Batu, Sarudik, Tapteng.

Acara pembukaan selain dihadiri sejumlah Kepala Sekolah (Kasek) dan Guru di Kota Sibolga, seperti Kasek SMAN 2 Sibolga, Samsia Silitonga, Kasek SMAN 4 Sibolga, M Saragih, mewakili SMKN 1 Sarudik, SMP Katolik Fatima Sarudik, SD Negeri Pondok Batu dan SD Swasta Santa Melania Sarudik, juga dihadiri langsung para siswa/i yang ingin memanfaatkan fasilitas internet gratis Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga tersebut serta Kepala Bagian (Kabag) Logistik, Herman, dan para pegawai Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga.

Yudi mengungkapkan, penyediaan fasilitas Internet gratis oleh Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) Tahun 2020. Dia pun meminta kepada para pelajar atau siswa/i agar memanfaatkan fasilitas yang ada di internet dengan baik.

“Jadi, kami mencoba membantu Internet para pelajar (siswa-siswi) di sekitar kantor ini dengan mematuhi Protokol Kesehatan dan itu sengaja kami buat di pelataran halaman kantor agar lebih aman,” ujarnya.

Yudi mengakui, ada sekitar 25 Kantor Distrik Navigasi di seluruh Indonesia dan Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga merupakan yang pertama menyediakan fasilitas internet gratis untuk para siswa-siswi yang ada di sekitar lingkungan Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga.

“Ya, harapan kami, Distrik Navigasi lainnya juga dapat menyediakan Internet gratis ini untuk para pelajar yang ada di sekitar kantornya masing-masing. Sebagaimana yang kami lakukan saat ini,” harapnya.

Kegiatan belajar Daring yang disediakan oleh Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga itu akan dilakukan setiap hari, Senin hingga Jumat dari pukul 08.00-16.00 WIB dan dibagi dalam dua sesi, pagi dan siang. Tidak hanya itu, pihak navigasi itu juga akan menugaskan tiga orang staf kantornya untuk mendampingi para siswa/i dalam belajar daring agar para siswa/i merasa nyaman.

Kasek SMAN 4 Sibolga, Monang MD Saragih, sangat menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga atas penyediaan fasilitas internet gratis kepada para siswa/i itu.

“Ini tentu sangat membantu kami dan juga mengurangi beban orang tua dalam belajar Daring,” kata Monang.

Hal yang sama disampaikan Kasek SMAN 2 Sibolga, Samsia Silitonga. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga atas penyediaan Internet gratis tersebut.

“Saya berharap siswa/i dekat kantor ini seperti Pondok Batu dan Pasir Bidang Sarudik, Tapteng, dapat memanfaatkan fasilitas itu dengan baik,” tuturnya.

Demikian juga dengan para siswa/i, seperti Salsa Mutiara, siswi SMP Swasta Katolik Fatima Sarudik, Meliana Sitanggang, siswi SMK 1 Sarudik, Sang Putra Telambanua, siswa SDN Pondok Batu, dan Yurlina Telambanua, siswa SMPN 5 Sibolga. Para siswa/i ini juga mengaku sangat senang dengan adanya internet gratis dari pihak Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga tersebut.

“Kami tentu sangat senang karena dapat belajar daring gratis. Semoga proses belajar daring ini nantinya dapat berjalan dengan lancar. Apalagi rumah kami di Pondak Batu dekat kantor tersebut,” ujar Salsa. (Haposan Simbolon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *