Sibolga, SeputarTapanuli.com – Destinasi wisata dan pusat jajanan modern Sibolga, yang berada di Pantai Ujung Sibolga, di Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), kembali beroperasi, dan menuai apresiasi positif dari berbagai pihak, terutama dari Ketua Karang Taruna Kota Sibolga, Denni Aprilsyah Lubis.

“Saya mengucapan terima kasih sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola, Raja Mangala Hutagalung, dan rekan-rekannya (Cs), karena beberapa hari ini saya lihat tempat ini seperti disulap dan saya bangga melihatnya,” kata Deni, Rabu (3/6), saat berkunjung ke lokasi destinasi dan pusat jajanan modern itu dan bertemu dengan pengelolanya, Raja Mangala Hutagalung.

Destinasi wisata dan pusat jajanan modern Sibolga yang disingkat atau dinamakan PAJUS itu dibangun pada 2016 oleh Dinas Perindustrian Perdagangan (Perindag) Kota Sibolga dan rampung pada 2017. Setelah rampung, bangunan PAJUS itu kemudian diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) kala itu, yakni Tengku Ery Nuradi, bersamaan dengan perayaan Hari Jadi Sibolga pada 3 April 2017

Bangunan itu sempat digunakan sebagai tempat berjualan makanan, namun tidak lama kemudian mendapatkan penambahan fasilitas seperti sarana bermain anak-anak dan keluarga, spot selfi dan pembuatan laut buatan yang dilengkapi sepeda air dan wahana permainan dan lainnya, sehingga operasinya sempat berhenti. Ditambah banyaknya fasilitas di lokasi bangunan yang dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sementara itu juga, pada 2019, ada proyek bangunan pemecah ombak di kawasan itu. Dan sebelum kembali dioperasikan, pengelola Raja Cs memperindah dan mempercantik lokasi itu dengan menggunakan dana sendiri.

Menurut Deni, dirinya selaku anak muda Sibolga juga, merasa wajar dan layak menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Raja Cs, selaku enterpreuner, karena telah membantu pemerintah mensukseskan kepariwisataan Kota Sibolga. Apalagi dengan menggunakan uang (dana) sendiri.

“Soalnya, tidak sedikit komentar miring selama ini yang menyatakan bahwa pembangunan kawasan PAJUS yang menghabiskan uang negara hingga puluhan miliar, mubazir. Bahkan PAJUS juga dinilai sebagai lokasi kegiatan negatif anak-anak muda,” ucap Deni.

Deni pun berharap kepada anak-anak muda lainnya dapat mengikuti langkah Raja Cs dalam mengangkat potensi yang ada di Kota Sibolga dan mengerakkannya menjadi lapangan kerja untuk membantu pemerintah. Begitu juga semua pihak diharapkan mendukung apa yang dilakukan Raja Cs, bukan sebaliknya mencari-cari kesalahan dari orang-orang yang telah berbuat untuk Kota Sibolga.

“Mari kita memikirkan apa yang bisa kita perbuat untuk Kota Sibolga tercinta ini,” pungkasnya.

Raja Manggala Hutagalung, selaku pengelola PAJUS juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Ketua Karang Taruna Kota Sibolga, Deni Aprilsyah Lubis. Bahkan Raja menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga khusus kepada Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, karena orang nomor satu di Kota Sibolga ini disebutkan telah beberapa kali datang meninjau kawasan PAJUS selama mereka melakukan perbaikan.

“Setiap datang, Pak Wali selalu bertanya kepada kami, apa kendala. Bahkan beliau ikut memberikan solusi pemikiran yang sangat bermanfaat. Sehingga kami merasa nyaman seperti anak yang dikontrol oleh orang tuanya,” terang Raja.

Namun Raja tidak memungkiri, bahwa tidak sedikit juga orang yang datang kepadanya mempertanyakan Spek bangunan yang dia kerjakan dan besar anggarannya. Sementara yang mereka kerjakan bukan lah proyek yang mempergunakan uang negara, tapi pekerjaan tertentu yang murni mempergunakan uang pribadi mereka yang dikumpulkan secara patungan.

“Saya dan teman-teman asli putra Sibolga dan kami ingin menggairahkan dan membuat bangga kampung kami. Apalagi pemerintah butuh dukungan rakyatnya. Jadi, mohon kami, dan anak-anak muda lain yang punya niat seperti kami dibantu, jangan malah sebaliknya,” tutur Raja mengakhiri. (jhonny simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *