Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjend TNI Irwansyah, mengapresiasi kerja keras Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani, dalam percepatan penanganan COVID-19 di Tapteng. Ia juga mengapresiasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang ikut terlibat dalam penanganan itu, sehingga Tapteng kembali ke zona hijau.

“Menurut saya, ini prestasi yang membanggakan. Sebab dari 8 Propinsi penyumbang terbanyak pasien COVID-19
di Indonesia, seperti yang disampaikan Bapak Presiden, Sumut masuk dalam salah satunya,” kata Pangdam, saat menyampaikan sambutannya di acara silaturahminya di Sibolga dan Tapteng bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tapteng di Sibolga, Kamis malam (6/7).

Pangdam pun berharap dengan kembalinya status/kondisi Tapteng ke zona hijau, setelah 12 pasien Positif COVID-19 di Tapteng dinyatakan sembuh, dapat terus dipertahankan.

“TNI akan terus ikut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini,” tukasnya.

Selanjutnya, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapteng atas penyambutan kedatangannya dengan rombongannya ke Tapteng. Pangdam mengaku terharu dan bangga atas penyambutan itu.

“Tujuan saya sendiri berkeliling dan berkunjung ke Tapteng dan Sibolga serta ke daerah-daerah lainnya di bawah naungan Kodam I/BB, adalah untuk melihat Satuan dan Prajurit di wilayah Kodam I/BB,” bebernya.

Sekaligus lanjut Pangdam, ia ingin berkenalan dan bertatap muka dengan para Kepala Daerah (KDh) serta memperkenalkan dirinya sebagai Pejabat baru yang diamanahkan untuk memimpin Kodam I/BB.

“Saya juga sampaikan disini, bahwa keinginan kami itu, untuk dekat dengan semua pihak, karena TNI tanpa Rakyat, ibarat Ikan tanpa Air. Ini sesuai keinginan Pimpinan TNI bahwa TNI harus Bersama Rakyat, Hidup Mati TNI harus dengan Rakyat,” tegasnya.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, sebelumnya menyampaikan perihal kondisi Pandemi COVID-19 di daerah yang dipimpinnya kepada orang nomor satu Kodam I/BB itu.

Tapteng disebutkan telah kembali ke dalam kondisi zona hijau, setelah 12 orang pasien Tapteng yang dinyatakan Positif COVID-19 sebelumnya, telah dinyatakan sembuh.

“Tapteng kini Pak Pangdam, sudah kembali zona hijau,” tutur Bakhtiar saat itu.

Bakhtiar juga membeberkan kepada Pangdam kenapa kondisi itu bisa terjadi. Pada awalnya kata dia, Tapteng dan Sibolga merupakan daerah berstatus zona hijau di Sumut. Namun status itu kemudian berubah karena adanya anggota masyarakat yang terpengaruh dengan suasana bebas di luar yang tidak mengikuti Protokol Kesehatan.

“Sehingga masyarakat itu mencontoh hal-hal yang tidak benar itu dengan tidak mengikuti dan menerapkan Protokol Kesehatan,” tuturnya.

Bakhtiar selanjutnya meminta Pangdam untuk tinggal lebih lama di Tapteng dan Sibolga. Orang nomor satu Tapteng itu menyampaikan keinginan hatinya kepada Pangdam untuk mengajak Pangdam menjelajahi dan menikmati indahnya panorama objek wisata di Tapteng dan Sibolga.

“Ada air terjun di pulau Mursala, yang airnya langsung jatuh ke laut dan pernah menjadi lokasi shooting Film Hollywood Kingkong, ada pulau Kalimantung, ada pulau Putri, dan ada objek wisata bawah laut yang sangat indah. Dan ada juga wisata religi, diantaranya Makam Papan Tinggi, Makam Mahligai, dan Makam Makam Tua lainnya serta ada juga Situs-Situs Tua lainnya, sebagai tanda awal masuknya Islam ke Nusantara,” jelasnya.

Tapi Bakhtiar menyadari dan mengetahui bahwa Pangdam tidak memiliki banyak waktu luang di Sibolga dan Tapteng. Dia pun berharap kepada Pangdam untuk dapat kembali lagi ke Sibolga dan Tapteng, supaya mereka bisa bersama-sama menikmati dan menjelajahi seluruh objek wisata itu.

“Kami harap Bapak Pangdam dapat kembali berkunjung ke Tapteng dan Sibolga ini, sehingga bisa menikmati keindahan alam dan objek wisata lainnya di Tapteng dan Sibolga ini,” pungkasnya.

Selanjutnya Bakhtiar dan Wakil Bupati serta Forkopimda Tapteng menyematkan ulos (kain adat Batak) dan memberikan cendera mata kepada Pangdam. Pangdam juga sebaliknya memberikan cendera mata kepada Bupati.

Hadir di acara itu, Komandan Resort Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang beserta Istri, Wali Kota Sibolga, Forkopimda Tapteng dan Sibolga, pimpinan dan anggota DPRD Tapteng dan Sibolga, Sekretaris Daerah (Sekda) Tapteng dan Sibolga, para Assisten Tapteng, para pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Tapteng dan Sibolga serta lainnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *