Danrindam I/BB, Kolonel (Inf) Waston Purba, mewakili Pangdam I/BB, Mayjend Hassanudin, membuka Latihan Pratugas (Proglatsiops) Tingkat Batalyon di Lapangan Mako Yonif 123/RW Padangsidimpuan, Sumut, Jumat (23/7). (seputartapanuli/dok penrem 023/ks)

Padangsidimpuan, seputartapanuli.com – Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Hassanudin, diwakili Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) I/BB, Kolonel (Inf) Waston Purba, membuka Latihan Pratugas (Proglatsiops) Tingkat Batalyon di Lapangan Markas Kamando (Mako) Batalion Infanteri (Yonif) 123/Rajawali (RW) Padang Sidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (23/7).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mempermahir kemampuan taktis satuan yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia (RI)-Papua Nugini (PNG).

“Dengan harapan, prajurit Yonif 123/RW sebagai satuan tugas (Satgas) yang dipersiapkan menguasai dan mahir mengaplikasikan seluruh materi latihan serta mampu menerapkannya di daerah operasi,” kata Pangdam Mayjen Hassanudin selaku Komandan Latihan (Danlat) dalam amanatnya yang dibacakan Danrindam I/BB, Kolonel Waston, selaku Wakil Komandan Latihan (Wadanlat).

Khusus untuk materi teritorial dan kesehatan ungkap Hassanudin, merupakan senjata ampuh bagi Satgas untuk mendapatkan tempat simpati rakyat. Sehingga masyarakat sekitar daerah penugasan akan menjadi mata dan telinga terkait aktifitas negatif maupun hal lainnya yang dapat merugikan negara.

“Rindam I/BB selaku penyelenggara dalam hal ini sudah menyiapkan medan latihan yang sesuai dan mendekati dengan daerah penugasan yang sebenarnya. Sehingga peserta latihan yang berjumlah 450 orang yang akan berangkat penugasan mendapat gambaran yang jelas tentang daerah penugasan yang dihadapi,” pungkas Hassanudin. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *