Sibolga, SeputarTapanuli.com – Seorang tenaga medis Positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Ferdinand Lumban Tobing (FL Tobing) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) diikabarkan dijemput dan dibawa oleh pihak keluarganya dari rumah sakit itu beberapa hari lalu atau tepatnya Minggu (4/7) dini hari.

Benar tidaknya pasien itu dijemput dan dibawa oleh pihak keluarganya, belum ada pihak terkait yang bisa memberikan keterangan. Terutama jika itu benar, apakah melanggar Protokol Kesehatan Penanganan Pasien Covid-19 atau tidak.

Direktur RSU FL Tobing Sibolga, Hotma Nauli Hutagalung, yang dikonfirmasi wartawan lewat telepon Selasa (7/7), enggan mengangkat telepon selularnya untuk memberikan penjelasan perihal benar tidaknya kabar itu. Padahal teleponnya saat itu aktif. Begitu juga dia enggan menjawab pesan singkat yang dilayangkan lewat Whatsapp (WA) ke telepon selularnya.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sibolga, Biner Lumban Gaol, juga belum bisa memberikan jawaban mengenai kabar/informasi itu. Alasannya, dia kurang mengetahui pasti kabar/informasi itu.

“Saya belum bisa menjawab pertanyaan itu, menunggu penjelasan lah kita,” katanya.

Dia mengaku sudah mencoba mengonfirmasi kebenaran kabar/informasi itu kepada pihak terkait yang lebih mengetahui. Tapi pihak terkait itu kata dia, susah untuk menjelaskannya.

“Jadi kita sudah konfirmasi, tetapi mereka juga susah untuk menjelaskannya,” ujarnya.

Pasien Positif Covid-19 yang kabarnya dibawa pulang oleh pihak keluarganya tersebut, tercatat merupakan satu-satunya pasien Positif Covid-19 yang dirawat diruang isolaai RSU FL Tobing Sibolga. Dia disebutkan adalah seorang dokter dan dinyatakan Positif Covid-19 setelah hasil Sweb nya keluar pada Kamis (2/7) lalu.

Koordinator Pencegahan dan Penanganan COVID 19 Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sibolga, Firmansyah Hulu, dalam keterangan persnya di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sibolga pada Jumat (3/7) lalu, menduga pasien itu terpapar dari seorang pasien perempuan Positif COVID-19 yang dirawat sebelumnya di RSU FL Tobing Sibolga.

Pasien pertama Positif COVID-19 itu juga diketahui merupakan tenaga medis RSU FL Tobing Sibolga, tapi tinggal di wilayah Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Saat pasien pertama itu diketahui positif, dia langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Tarutung, yakni RSU Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Bahkan dari temuan itu, sebanyak 20 orang tenaga medis RSU FL Tobing Sibolga saat itu juga langsung di rapid test dan di Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) lalu kemudian mereka diisolasi mandiri. Salah satu dari ke-20 tenaga medis itu adalah dokter Positif COVID-19 tersebut. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *