Sibolga, SeputarTapanuli.com – Kasus Positif Covid-19 di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), bertambah satu lagi, sehingga menjadi tiga kasus. Pertambahan itu berasal dari seorang perempuan lanjut usia berinisial AG, 69, warga Kelurahan Aek.Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

AG sebelumnya adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 dan dirawat diruang isolasi Rumah Sakit Umum (RSU) Ferdinand Lumban Tobing (FL Tobing) Sibolga. Namun dia kemudian dinyatakan Positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan sampel Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) nya keluar dari Klinik Laboratorium RSU Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (7/7).

Kordinator Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sibolga, yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sibolga Firmansyah Hulu, mengatakan pasien AG tersebut akan dirujuk ke RSU Martha Friska, Medan, untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Pasien AG akan diberangkatkan Rabu (8/7) hari ini juga.

“Prosea perujukan pasien awalnya menuai penolakan dari pihak keluarga. Namun pihak keluarga akhirnya menyetujui pasien dirujuk ke Medan. Hal itu usai dilakukan pendekatan dan pemahaman dari Gugus Tugas Covid-19 Sibolga,” kata Firman, Rabu (8/7), ketika menyaksikan proses keberangkatan pasien AG ke RSU Martha Friska Medan.

Keberangkatan pasien turut disaksikan Kapolres Sibolga. AKBP Tryadi, beserta beberapa personil Polres Sibolga, Kepala Dinas (Kadis) Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar), Singkat Sijabat, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Binner Lumban Gaol, dan pihak RSU FL Tobing Sibolga.

Firman menambahkan, pasien tersebut sebelumnya sempat dirawat di RSU Metta Medika Sibolga dan kemudian dirujuk ke RSU Padang Sidempuan.

“Namun sesampainya di Sidempuan, pihak keluarga minta kembali ke Sibolga,” tukasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid -19 Sibolga, Binner Lumban Gaol, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sibolga, mengatakan paska pasien AG dinyatakan Positif Covid-19, Gugus Tugas akan melakukan tracing dan penelusuran kepada keluarga pasien.

“Kita berharap pasien dapat segera sembuh,” pungkasnya.
Dua pasien Positif Covid-19 di Sibolga sebelumnya beriniial NS,67, warga Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara dan UE,30 an, warga Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *