Ketua KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Cius Bondar, melakukan pengguntingan pita peresmian gedung baru kantor KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Sabtu (28/8). (seputartapanuli/haposan s)

Sibolga, seputartapanuli.com – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit CU Sepakat Sibolga mendapatkan kado Istimewa di Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke-36. Kado istimewa itu berupa bedirinya gedung baru kantor CU tersebut.

Peresmian dan perayaannya dilakukan secara sederhana, dirangkai dengan acara pemberkatan bertempat di gedung baru kantor CU tersebut di Jalan Sisingamangaraja (SM Raja) No 486 Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (28/8) lalu.

Acara peresmian dan perayaan diawali dengan penyerahan kunci gedung oleh tukang kepada Ketua KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Cius Bondar, didampingi pengurus, seperti Wakil Ketua Parater Sihite, Sekretaris Haposan Simbolon, Bendahara Markus M Larosa, dan anggota Jontan Mahombar, serta Pengawas yang terdiri dari Ketua Mukthar Saragih, dan Sekretaris Baya Sitanggang serta anggota Asli Larosa.

Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara, pengguntingan pita, dan memasuki gedung, sekaligus tepung tawar dan misa pemberkatan gedung oleh Penasehat Rohani, Pastor Aloysius Barut.

Dalam renungannya, Pastor Aloysius Barut, berpesan kepada seluruh pengurus agar kiranya mampu memanfaatkan keberadaan gedung baru kantor KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga bagi kesejahteraan anggota.

“Selain itu juga, hendak lah dapat memperkokoh kesatuan dan persatuan di antara sesama pengurus, pengawas, managemen, ketua kelompok, dan seluruh anggota untuk mencapai kesejahteraan bersama,” ucap Aloysius.

Ketua Pengawas KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Mukhtar Saragih  membuka gedung baru kantor KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Sabtu (28/8). (seputartapanuli/haposan s)

Sementara pada acara peresmian, Ketua KSP Kopdit CU Sepakat, Cius Bondar, dalam sambutannya, mengungkapkan rasa haru dan bahagianya atas kerja sama dewan pendiri, pengurus, pengawas, manajemen, ketua kelompok, dan seluruh anggota, sehingga pembangunan gedung baru kantor KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga yang dinantikan cukup panjang dapat terwujud.

Ia pun berharap keberadaan gedung baru kantor KSP CU Sepakat Sibolga dapat membawa segenap pengurus, pengawas, manajemen, ketua kelompok, dan semua anggota kepada kebaikan serta menjadi wadah pemersatu yang semakin kuat dalam membawa kesejahteraan kepada seluruh anggota. Hal itu disampaikannya karena mengingat perjuangan pembangunan gedung baru kantor KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga cukup menghabiskan tenaga, energi, dan perasaan.

“Namun, kita bersyukur, tidak ada masalah atau pun kendala yang begitu berarti. Sehingga saat ini (Sudah 36 tahun), baru kita dapat merayakan ulang tahun,” ungkap Cius, sambil berurai air mata.

Cius pada kesempatan itu tidak lupa mengungkapkan kepada seluruh pengurus dan pengawas mengenai periodeisasi kepengurusan KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga. Sesuai rencana dan jika tidak ada halangan kata dia, periodeisasi KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga akan dilaksanakan pada Maret 2022 mendatang.

“Harapan saya, sebelum habis periode, mari kita bangun kerja sama yang baik untuk memberikan kesejahteraan kepada anggota,” serunya.

Ketua KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Cius Bondar, bersama pengurus dan pengawas dan lainnya merayakan HUT ke-36 KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Sabtu (28/8). (seputartapanuli/haposan s)

Hal yang sama disampaikan Ketua Pengawas KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Mukthar Saragih. Mukhtar juga menyampaikan rasa bangga dirinya atas prestasi dan upaya pengurus periode yang mampu mewujudkan impian dan harapan anggota untuk memiliki kantor baru. Ia pun lantas menitipkan pesan kepada para muda untuk meneruskan perjuangan atas telah terbangunnya gedung kantor baru KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga.

“Hal ini mengingat masa bhakti saya sebagai pengawas dan berkantor di gedung baru ini tinggal beberapa bulan lagi. Maka itu, saya menitipkan kepada rekan-rekan saya lebih muda untuk meneruskan gerakan perjuangan ini,” ucap Mukhtar.

Sebelumnya, Ketua Panitia Baya Sitanggang, dalam laporan tertulisnya berkenan menyampaikan segelumit sejarah singkat terkait berdirinya Kopdit CU Sepakat Sibolga. Ia mengungkapkan, KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga ini berdiri pada 36 tahun lalu yang dokumennya ditandatangani langsung oleh Pastor Theophil dan sekretaris dewan pendiri, M Maretti Larosa.

Sementara latar belakangnya kata dia, berawal dari keberadaan Paroki Katedral Santa Theresia Liseux Sibolga yang merasa kewalahan menghadapi umat yang ekonominya rendah. Umat yang ekonominya rendah ini ketika itu datang kepada pastor paroki untuk meminjam uang bagi keperluan masuk sekolah anak, uang kuliah, sakit, dan lain sebagainya, dengan janji akan mengembalikannya antara satu sampai tiga bulan ke depan.

“Melihat hal itu, Pastor Theophil melakukan pendekatan kepada beberapa tokoh umat untuk mendirikan sebuah KSP yang belakangan diberi nama Kopdit CU Sepakat Sibolga,” beber Baya.

Turut hadir di acara itu, Manager KSP Kopdit CU Sepakat Sibolga, Sihar Tua Lumban Gaol bersama seluruh jajaran, para ketua-ketua kelompok dan perwakilan dari kelompok. Juga turut hadir Lurah Aek Muara Pinang Sibolga, Agus R Situmeang, didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan.

Acara itu sendiri berlangsung penuh hikmah, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes). (Haposan S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *