Sibolga, SeputarTapanuli.com – Kelompok Kerja (Pokja) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng), yang baru terbentuk, berkesempatan mengikuti Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Kehadiran pengurus (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng ke acara itu berkat dukungan dan undangan PWI Sumatera Utara (Sumut).

“Disamping itu juga berkat dukungan dari tambang emas Martabe, Batangtoru, Tapanuli Selatan (Tapsel),” kata Sahat Jason Gultom dan Preddy Situmorang, selaku Ketua dan Sekretaris (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng, Senin (10/2), usai mengikuti HPN Tahun 2020 di Banjarmasin, Kalsel, tersebut.

Kedua pria yang akrab disapa Jason dan Preddy ini pun atas nama penguris (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PWI Sumut dan juga kepada tambang emas Martabe, karena telah berkenan mengundang dan mendukung keberangkatan pengurus (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng menghadiri HPN di Banjarmasin.

“Itu merupakan pengalaman perdana bagi (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng, karena mengingat (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng masih baru dan belum memiliki anggaran. Oleh karena itu juga, kami berharap kebersamaan yang baik antara (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng dengan PWI serta tambang emas Martabe ini tetap terjalin dengan baik,” harap Jason yang diamini Preddy.

Jason dan Preddy selanjutnya mengungkapkan agenda besar (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng berikutnya. Setelah mengikuti agenda besar, HPN di Banjarmasin, Kalsel tersebut, (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng sebut keduanya, selanjutnya akan melaksanakan agenda besar lainnya, yakni Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk kelas Muda dan Madya.

“Kegiatan ini juga merupakan yang pertama kalinya akan dilaksanakan oleh (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng dan rencananya akan dilaksanakan pada minggu pertama Maret 2020 mendatang,” tutur mereka.

Pihak tambang emas Martabe aku mereka telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung pelaksanaan UKW PWI di Sibolga dan Tapteng.

“Kami tentu bersyukur, karena tambang emas Martabe dapat melihat hal-hal penting bagi profesi wartawan. Karena memang, salah satu syarat agar bisa menjadi anggota PWI adalah harus lulus UKW. Selain itu juga, UKW sudah menjadi keharusan bagi wartawan sebagaimana yang diamanatkan oleh Dewan Pers,” pungkas mereka.

Pelaksanaan HPN 9 Februari 2020 di Banjarmasin, Kalsel, sebagaimana diketahui, berlangsung meriah dan sukses. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan hadir dalam agenda tahunan wartawan itu bersama dengan sejumlah pejabat negara dan duta sahabat.

Demikian pihak perusahaan tambang emas Martabe, juga turut diundang oleh panitia HPN dan menandatangani nota kesepahaman antara PWI dengan PT Astra Internasional selaku induk perusahaan tambang emas tersebut

“Kami mengucapkan terima kasih buat PWI karena sudah mengundang kami hadir di acara luar biasa itu. Kiranya kebersamaan kita tetap terjalin baik,” kata Manajer Senior Komunikasi Korporat Tambang Emas Martabe, Katarina Siburian Handono, didampingi¬†Public Relations Manager, Reni Radhan, dan Feby, usai jamuan makan malam Martabe dengan PWI di Banjarmasin. (jhonny simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *