Sibolga, SeputarTapanuli.com – Kepolisian Resort (Polres), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), menggelar rapat koordinasi (Rakor) membahas teknis penyelenggaraan kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020, Jumat (2/9) sekira pukul 15.30 WIB.

Rakor yang mengambil tempat di Aula Wira Pratama Polres Sibolga tersebut diikuti langsung Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, Ketua Bawaslu Sibolga, Zulkifli Sigalingging dan Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid.

Turut serta sejumlah Pejabat utama (PJU) Polres Sibolga, seperti Wakapolres Sibolga, Kompol R Sihombing, Kabag Ops, Kompol, Jono Sirait, Kasat Intelkam, AKP Agus Adhitama dan Kanit Reskrim, Iptu Ipki Hermanto Nasution, serta anggota Bawaslu, Darwis Sibarani, dan anggota KPU Sibolga, Salmon Tambunan dan Asmar Harahap.

Kemudian, Staf Ahli Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, Yasman serta Liaison Officer (LO/Penghubung) Pasangan Calon (Paslon) Bahdinnur Tanjung-Edipolo Sitanggang (ABADI), Janner Silitonga, dan LO Paslon Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing (JP), Hendra Syahputra.

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, dalam sambutannya berharap kepada masing-masing Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga nantinya untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dan mengurangi perkumpulan di masa Pademi COVID-19. Kemudian diharapkan juga kepada Paslon ketika akan mengadakan kampanye membuat surat pemberitahuan kepada kepolisian kurung waktu 7 hari sebelum pelaksanaan.  Hal itu dimaksudkan Kapolres agar jadwal kampanye masing-masing Paslon lainnya tidak saling berbenturan di waktu yang sama.

“Dan pada pelaksanaan kampanye kita adakan di gedung atau ruangan untuk bisa mengontrol atau mengurangi massa yang hadir sesuai dengan ketentuan sekitar 50 orang massa simpatisan. Tujuannya untuk lebih mempermudah menerapkan Prokes,” imbuh Triyadi.

Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid mengakui, bahwa KPU Sibolga juga telah mensosialisasikan kepada LO Paslon tentang peraturan tahapan kampanye terkait pencegahan penularan COVID-19.

“Kedepannya, kita (KPU Sibolga) akan tetap melaksanakan pemantauan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada Sibolga 2020 untuk mematuhi serta menerapkan Prokes COVID-19 demi kelancaran Pilkada Sibolga,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Bawaslu Sibolga, Zulkifli Sigalingging. Dia juga mengakui bahwa Bawaslu Sibolga telah melakukan langkah-langkah perkembangan pengawasan tahapan Pilkada Sibolga 2020 dengan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) terkait pengawasan pada saat pelaksanaan Pilkada Sibolga 2020.

“Serta tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mengurangi jumlah massa yang berlebihan,” tukasnya.

Rakor bersama antara Polres, KPU dan Bawaslu Sibolga itu sendiri dilaksanakan untuk mengingatkan kepada LO Paslon agar nantinya menyampaikan kepada masing-masing tim Paslon untuk tetap mematuhi Prokes COVID-19 pada massa kampanye sampai dengan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga 2020. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *