Sibolga, SeputarTapanuli.com – Satuan Narkoba Kepolisian Resort (Polres) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), menangkap seorang terduga pemakai dan pengedar Narkoba dari Jalan Bangau, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan pada Kamis (14/1) lalu.

Dari tangannya, Polisi mengamankan barang bukti (Barbut) Narkoba jenis seberat 7,28 gram. Serta barang bukti lainnya, berupa 1 unit Handphone (HP/Ponsel), dompet dan uang tunai sebesar Rp500 ribu.

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas, Iptu R Sormin mengatakan, terduga pemakai dan pengedar Narkoba tersebut berinisial M alias PC, 55, warga Jalan Bangau Sibolga. Penangkapannya berawal dari informasi masyarakat kepada pihak kepolisian yang menyebutkan bahwa di Jalan Bangau Sibolga ada seorang warga yang memiliki Narkoba. Orang dimaksud berinisial M, seorang Wiraswasta.

“Setelah menerima informasi itu, Kasat Narkoba, AKP Sugiono langsung memerintahkan KBO Narkoba, Iptu E Marbun untuk melakukan penyelidikan dan pendalaman. Hasilnya ternyata benar, M terbukti memiliki Narkoba,” ucap Sormin, Kamis (21/1).

Barang bukti Sabu-sabu milik M terduga pemakai dan pengedar sabu-sabu yang diamankan Personil Polres Sibolga pada Kamis (14/1) lalu. (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Sibolga)

Ketika dilakukan penangkapan, Polisi berhasil menemukan 10 bungkus Sabu-sabu terbungkus plastik bening dari tangan M dan 2 bungkus lainnya dari dalam kamarnya. Bahkan setelah diboyong ke Polres Sibolga dan dilakukan pemeriksaan urine (Test Urine), M juga positif mengkonsumsi Narkoba.

“Berdasarkan pengakuan M, Sabu-sabu tersebut diperolehnya dari seseorang, namun yang menyerahkan kepadanya seorang pengemudi becak bermotor (Pebetor) yang tidak dikenalnya sama sekali,” beber Sormin.

Sabu-sabu diperoleh M dua hari sebelumnya tepatnya Selasa (12/1) sore. Dia memesan sebanyak 10 gram tapi di waktu yang tidak bersamaan. Pemesanan dilakukannya lewat sambungan telepon dari salah satu tangkahan di Jalan KH A Dahlan Sibolga. Hasilnya kemudian dibaginya menjadi 13 paket (sedang dan kecil) dan 1 paket diantaranya (sedang) berhasil terjual seharga Rp600 ribu.

“Jadi, selain menjual Sabu-sabu, M yang pernah dihukum dalam kasus yang sama ini juga adalah seorang pengkonsumsi Sabu-sabu,” terang Sormin.

Atas perbuatan itu, M ayah 4 orang anak ini kini ditahan di Ruang Tahanan Polisi (RTP) Polres Sibolga untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia diduga telah melakukan tindak pidana dan diancam pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) dari Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancaman hukumannya di atas 5 tahun,” tukas Sormin. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *