Sibolga, SeputarTapanuli.com – Dalam upaya membantu dan mensosialisasikan program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dimasa Pandemi COVID-19, Kepolisian Resort (Polres) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), memanfaatkan lahan mereka
disamping aula Wira Pratama Polres itu untuk budidaya ikan. Sedikitnya 11.700 benih ikan Lele dan Nila ditabur di lima kolam ikan dilahan Polres itu.

Tabur benih ikan itu dilakukan langsung kepala kepolisian daerah setempat, AKBP Triyadi, bersama Waka Polres, Kompol Sutrisno, Kabag Ops, Kompol R Sihombing, Kabag Sumda, Kompol Irianto, Kabag Ren, Kompol K Nababan, Kamis (4/6) lalu. Empat kolam diperuntukkan untuk 10.000 bibit ikan Lele dan satu kolam lainnya diperuntukkan untuk 1.700 bibit ikan Nila.

Triyadi mengakui dampak Pandemi COVID-19 akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan, sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan perikanan baru yang diharapkan mampu menghasilkan stok ikan agar tidak terjadi kelangkaan dimasa Pandemi COVID-19 khususnya dimasa new normal (Tatanan Kehidupan Baru).

“Kita berharap polsek-polsek sejajaran Polres Sibolga juga ikut memanfaatkan lahan masing-masing untuk melaksanakan program ketahanan pangan ini. Tidak hanya ikan, sayur-sayuran ataupun lainnya juga dapat dilakukan, karena cukup efektif untuk mencegah krisis pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Dia juga mengakui selama masa Pandemi, akses masyarakat untuk mendapatkan pangan akan cukup terbatas, karena COVID-19 telah mengganggu segala sendi dan lini kehidupan, kesehatan, sosial, maupun ekonomi masyarakat dan bahkan berpotensi terhadap gangguan Kamtibmas.

“Kedepannya budidaya ikan ini kiranya dapat menjadi salah satu sumber daya yang diandalkan dalam memenuhi kebutuhan dan pemberdayaan ekonomi ditengah masyarakat, terutama menuju new normal dimasa Pandemi COVID-19 ini. Begitu juga diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup anggota Polri maupun masyarakat,” pungkas Triyadi. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *