Personil Polres Sibolga ketika memberikan tindakan kepada warga Sibolga yang tidak mematuhi Prokes, Minggu (4/7). (seputartapanuli/dok humas polres sibolga)

Sibolga, seputartapanuli.com – Kepolisian Resor (Polres) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), terus berburu warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas atau berada di luar rumah. Kegiatan itu dilakukan oleh pihak kepolisian ini guna mencegah penularan atau terjadinya klaster Covid-19 di Kota Sibolga.

Hal tersebut sebagaimana kembali terlihat pada Minggu (4/7) malam lalu. Sejumlah personil kepolisian tersebut, dipimpin Iptu Elohansen S Marbun, selaku Perwira Pengendali (Padal), turun menyasar sejumlah tempat keramaian di Kota Sibolga untuk menegakkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Kasubbag Humas Polres Sibolga, Iptu R Sormin, dalam keterangannya atas nama Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, Senin (5/7) menyebutkan, kegiatan itu dilakukan pihak kepolisian melalui Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam bentuk penertiban Prokes. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penularan Covid-19, khususnya dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang pendisiplinan Prokes dan Peraturan Wali Kota (Perwal) Sibolga Nomor 39 tahun 2020 tentang AKB dan SOP penegakan disiplin Prokes dalam rangka mencegah penyebaran/klaster COVID-19 di wilayah Kota Sibolga.

“Tempat-tempat yang menjadi sasaran KRYD dalam bentuk penertiban Prokes tersebut adalah, Jalan Ade Irma Suryani, Seputaran Lapangan Simare-mare, Jalan Kapten M Sitorus, Halaman Hotel Wisata Indah (WI) dan Jalan Ferdinand Lumban Tobing (FL Tobing) depan gedung Nasional,” kata Sormin.

Sormin mengakui, dalam pelaksanaan KRYD penertiban Prokes tersebut, petugas memberikan tindakan berupa, memberikan teguran secara humanis kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dan tindakan pendisiplinan berupa pushup serta tetap melakukan persuasif dan edukatif kepada masyarakat yang pengguna jalan.

Kemudian mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker untuk menghindari dan menjaga agar kelangsungan klaster Covid-19 saat ini tidak menyebar luas, khususnya di wilayah Sibolga serta memberikan teguran berupa nasehat dan memberikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Adapun kegiatan itu sendiri diawali dengan apel konsolidasi yang dipimpin oleh Padal, Iptu Elohansen S Marbun bertempat di lapangan apel Polres Sibolga,” pungkas Sormin. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *