Sibolga, SeputarTapanuli.com – Puluhan prajurit TNI dari Komando Resort Militer (Korem) 023/Kawal Samudera (KS) mengikuti pelatihan penanggulangan bencana alam di Aula Gupala Markas Korem (Makorem) di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Senin (14/12).

Kegiatan yang dibuka langsung Komandan Korem (Danrem) 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang dan diikuti unsur dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Sibolga dan Tapanuli Tapteng (Tapteng) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng itu, bertujuan untuk menciptakan kesiapsiagaan di tengah-tengah prajurit Korem 023/KS dalam menghadapi bencana alam di wilayah Korem 023/KS yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Ini lah yang mendorong Korem 023/KS untuk melaksanakan latihan penanggulangan bencana secara terpadu untuk menyiapkan semua unsur dalam menangani bencana alam. Sehingga dapat mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan seluruhnya, baik personil, materil maupun sarana pendukung lainnya,” ungkap Danrem Febriel dalam amanat dan arahannya pada pembukaan itu.

Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang menyampaikan salam COVID-19 usai membuka pelatihan penanggulangan bencana alam di Aula Gupala Markas Korem (Makorem) tersebut, Senin (14/12). (SeputarTapanuli/Dok Penrem 023/KS)

Kegiatan ini juga kata Febriel, sesuai amanat Undang-Undang (UU) RI Nomor 24 Tahun 2007 tentang bencana alam, khususnya pelibatan TNI dalam penanggulangan bencana yang diwadahi oleh BPBD dan UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2 mengenai tugas pokok TNI berupa Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Diantara tugas dalam OMSP itu adalah membantu Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan bisa menjalin kerja sama yang baik, siapa berbuat apa serta terbinanya saling percaya,” tukasnya.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Staf Korem 023/KS, Letkol (Inf) Denni Engel Rupinggi, para Kepala Seksi Korem (Kasirem), Kepala Badan Pelaksana Korem (Kabalakrem) 023/KS, Kepala BPBD Tapteng, Safaruddin Ananda Nasution, Kepala Tim SAR (Katimsar) Sibolga dan Tapteng, Harry Susanto. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *