Sibolga, SeputarTapanuli.com – Polisi menggrebek satu rumah di Jalan Murai, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), pada Jumat (8/1) lalu sekitar pukul 14.00 WIB.

Dari rumah itu, diamankan seorang pria berinisial KT alias KBPT alias K, 25, buruh bongkar muat, warga Jalan KS Tubun, Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Pria ini merupakan teman dari pemilik rumah atau tamu dari pemilik rumah dan sudah dua hari menginap di rumah itu.

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, melalui Kasubbag Humas, Iptu Sormin mengatakan, penangkapan KT atas informasi masyarakat kepada pihak Satuan Narkoba Polres Sibolga, yang menyebutkan bahwa di salah satu rumah di Jalan Murai ada anggota masyarakat yang menguasai Narkotika.

Kasat Narkoba AKP Sugiono langsung memerintahkan KBO Narkoba, Iptu E Marbun, untuk melakukan penyelidikan dan Undercover (Penyamaran) dan kemudian berhasil mengamankan seorang laki-laki di dalam rumah dimaksud masyarakat. Laki-laki itu diketahui berinisial KT.

“Selanjutnya dari lantai dapur di rumah ditemukan 3 bungkus Sabu-sabu terbungkus plastik bening beserta barang bukti lain berupa perangkat alat alat hisap/bong Sabu-sabu. Setelah itu, KT diboyong ke Polres Sibolga dan dari hasil test urine jua, dia positif memakai Narkoba,” ujar Sormin.

Sebelum diamankan, KT bersama temannya pemilik rumah tersebut sudah terlebih dahulu mengkonsumsi barang haram itu. KT dan temannya tersebut telah mengkonsumsi Sabu-sabu sebanyak 4 kali, namun untuk yang keempat kalinya, KT diminta bayaran sebesar Rp100 ribu.

KT mengenal temannya tersebut terbilang masih baru, lebih kurang baru seminggu. Tapi temannya tersebut sudah memperkenankan KT tinggal/nginap di rumahnya. KT sendiri sudah tinggal di rumah temannya tersebut selama dua hari, mulai dari tanggal 6-8 Januari 2021.

“Sebelum ditangkap juga, KT dan temannya tersebut hari itu juga berniat mengkonsumsi Sabu-sabu. Saat itu, temannya tersebut datang membawa Sabu-sabu sebanyak 3 bungkus lalu meletakkannya di atas lantai dapur. Namun saat itu juga, temannya tersebut pergi dan meninggalkan KT merakit alat hisap/bong,” terang Sormin.

Selesai merakit alat hisap/bong Sabu-sabu, KT saat itu berencana memberitahukannya kepada temannya tersebut. Ketika ia beranjak dari dapur menuju halaman rumah, Personil Sat Narkoba tiba-tiba datang dan mengamankannya bersama barang bukti (Barbut) Sabu-sabu dan perangkat alat hisapnya. Kemudian KT dibawa ke Polres Sibolga guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

“Atas perbuatan itu, KT diancam pasal 114 ayat (1) subsider 112 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) huruf a dari Undang-undang (UU) RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun,” pungkas Sormin. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *