Perwakilan Manajemen PTAR, perwakilan tokoh masyarakat dan perwakilan penerima Beasiswa Martabe Prestasi berfoto bersama usai acara penganugerahan Beasiswa Martabe Prestasi 2021, Kamis (5/8). (seputartapanuli/dok humas ptar)

Tapanuli Selatan, seputartapanuli.com – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe kembali menyalurkan Beasiswa Martabe Prestasi tahun pembelajaran (TP) 2021/2022 sebesar Rp1,51 miliar kepada 246 pelajar dan mahasiwa berprestasi di gedung amphitheater Sopo Daganak, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), Kamis (5/8).

Ke-246 penerima beasiswa ini terdiri dari 83 siswa jenjang SD untuk kategori penghargaan prestasi akademis (PPA), 45 siswa jenjang SMP dengan kategori penghargaan prestasi akademis (PPA), 12 siswa jenjang SMA/sederajat untuk kategori penghargaan prestasi berkelanjutan (PPB).

Kemudian, 17 siswa jenjang SMA untuk kategori penghargaan prestasi berkelanjutan khusus (PPB Khusus), 13 mahasiswa jenjang Diploma Tiga (D3) dan Sarjana (S1) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), dan 18 mahasiswa jenjang D3 dan S1 PTN wilayah luar Tabagsel (Nasional).

“Penerima beasiswa jenjang SD/Sederajat akan mendapatkan manfaat berupa bantuan perlengkapan sekolah pada tahun pembelajaran baru dengan nilai maksimal Rp500 ribu dan Rp750 ribu bagi siswa SMP/Sederajat,” kata General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis.

Rahmat menjelaskan, bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan. Untuk siswa SMA/Sederajat sampai kelas XII (dua belas) akan mendapatkan Rp3 juta/tahun dan bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri nasional di wilayah Tabagsel sampai semester VI (enam) akan mendapatkan Rp6 juta/tahun dan juga Rp6 juta/tahun bagi mahasiswa S1 di PTN dan PTS di wilayah Tabagsel sampai semester VIII (delapan).

“Sementara bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri nasional sampai semester VI diluar wilayah Tabagsel akan mendapatkan Rp12 juta/tahun dan juga 12 juta/tahun bagi mahasiswa S1 di PTN sampai semester VIII,” imbuh Rahmat.

Program beasiswa Tambang Emas Martabe ini merupakan salah satu program unggulan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang pendidikan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak berprestasi serta memiliki komitmen tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Proses penerimaan untuk Beasiswa Martabe Prestasi 2021 ini dimulai sejak Februari 2021. Di mana seleksi dan Penetapannya selesai pada 25 Juli 2021 dengan jumlah penerima dari berbagai tingkatan SD hingga Perguruan Tinggi (PT) sebanyak 188 siswa. 58 orang lainnya adalah penerima beasiswa lanjutan.

“Sehingga total penerima beasiswa tahun ini mencapai 246 pelajar dan mahasiswa dengan nilai Rp1,52 miliar,” kata Rahmat.

Rahmat mengakui, program Beasiswa Martabe Prestasi yang dimulai sejak 2017 ini telah sukses diselenggarakan hingga tahun ini, dengan total jumlah penerima di semua jenjang sebanyak 967 orang siswa serta total beasiswa yang disalurkan mencapai Rp3,67 miliar

“Harapan kami melalui beasiswa Martabe Prestasi ini dapat memotivasi pelajar dan mahasiswa agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya, dengan menjadi orang sukses yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapsel, dan juga Sumut,” ujarnya.

Pada tahun 2021, ada empat sekolah unggulan tingkat SMA yang ditargetkan oleh PTAR, yaitu SMAN 2 Balige, SMA Unggul DEL, SMAN 1 Matauli Pandan, dan SMAN 2 Plus Sipirok.

“Namun, kami dari PTAR terus mencari peluang untuk mendorong lebih banyak siswa yang bisa masuk ke sekolah unggulan serta jika memungkinkan menambah sekolah unggulan yang ditargetkan,” tukas Rahmat.

Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Siburian Hardono menambahkan, program Beasiswa Martabe Prestasi merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahaan untuk berkontribusi pada amanah konstitusi dalam pemberian akses pendidikan yang layak pada masyarakat yang membutuhkan, khususnya di wilayah operasional perusahaan. Dari lima sektor sasaran utama, program beasiswa menjadi salah satu target utama dalam pelaksanaan program PPM PTAR.

“Program Beasiswa Martabe Prestasi ini digagas untuk mengurangi angka putus sekolah bagi masyarakat lokal khususnya kelompok rentan dan keluarga miskin yang memiliki prestasi untuk mendapatkan pendidikan layak di semua tingkatan, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat universitas. Dan PTAR berkomitmen untuk dapat secara konsisten melaksanakan program beasiswa ini setiap tahunnya,” kata Katarina.

Katarina menyatakan Program Beasiswa Tambang Emas Martabe telah memberikan manfaat dan kontribusi nyata dalam menciptakan akses pendidikan layak bagi semua orang, khususnya di wilayah operasional perusahaan.

“Bahkan, program ini telah meraih penghargaan Didakta Pratama Unggul di ajang CSR Indonesia Awards 2021,” pungkasnya. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *