Sibolga, SeputarTapanuli.com – Partai Demokrat kemungkinan besar akan berkoalisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020. Pasalnya, Ketua Umum (Ketum) partai berlambang bintang bersinar tiga
arah itu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dikabarkan telah memberikan surat rekomendasi dukungan buat pasangan Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing.

“Hal ini sesuai surat keputusan (SK) partai Demokrat Nomor: 24/SK/DPP.PD/VI/2020, tanggal 22 Juni 2020, tentang Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga Periode 2020-2025,” ungkap tim Humas dan Media pasangan Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing, Putma Suryadi menjawab wartawan, Senin (22/6).

Menurut Putma, surat keputusan pemberian dukungan kepada pasangan yang akrab disapa Jamal-Pantas atau JP itu ditandatangani langsung oleh Ketum Demokrat, AHY, dan Sekretaris Jenderal (Sekjend), Teuku Riefky Harsya.

“Bahkan SK rekomendasi dukungan kepada pasangan JP juga diserahkan langsung oleh AHY didampingi Ketua DPD Demokrat Sumut, Herri Zulkarnaen di kantor DPP Demokrat di Jalan Proklamasi No 41, Jakarta,” ucap Putma.

Putma yang mengaku masih di Jakarta ini pun kemudian mengirimkan link video dari akun Facebook @Followers Jamal Pantas yang berisi sambutan AHY selaku Ketum Demokrat saat acara penyerahan SK dukungan Demokrat kepada pasangan JP tersebut.

Dalam video berdurasi 4 menit itu, AHY menyampaikan rasa bahagianya menerima secara resmi dua tokoh yang akan berjuang dalam Pilkada Kota Sibolga. Kedua tokoh itu kata dia adalah Jamaluddin Pohan sebagai calon Wali Kota dan Pantas Lumban Tobing sebagai calon Wakil Wali Kota.

“Saya berharap, pasangan Jamaluddin Pohan dan Pantas Lumban Tobing bisa sukses memenangkan Pilkada Sibolga yang digelar serentak, 9 Desember 2020. Niat kita baik, kita ingin membangun Sibolga dan juga mensejahterakan masyarakat. Sibolga sangat terkenal, banyak melahirkan orang-orang hebat. Para jenderal juga banyak dari sana,” tutur AHY.

AHY pada kesempatan itu juga berpesan kepada pasangan Jamal-Pantas untuk bisa menjadi tokoh pemersatu sesuai harapan rakyat dan Demokrat.

“Saya bangga sebagai Ketum Demokrat bersama Ketua DPD Sumut, hari ini secara resmi menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, yakni Jamaluddin Pohan dan Pantas Lumban Tobing,” tutup AHY.

Sebelumnya Partai Gerindra telah merekomendasikan Jamal-Pantas sesuai dengan surat rekomendasi partai itu bernomor 03-721/Rekom/DPP-Gerindra/2020 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum (Ketum) partai itu, Prabowo Subianto, dan Sekretaris Jenderal (Sekjend), Ahmad Muzani. Sehingga dengan turunnya surat rekomendasi dari Demokrat itu, maka kemungkinan besar Gerindra dan Demokrat berkoalisi pada Pilkada Sibolga 2020.

Sementara itu, beberapa bakal calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, belum dapat diketahui bagaimana perkembangan atas upaya mereka dalam meraih dukungan politik dari parpol untuk bisa mengusung mereka maju di Pilkada Sibolga 2020.

Beberapa nama itu, yakni Edi Polo Sitanggang (Incumbent), Bahdin Nur Tanjung, Taruli Asi Sipahutar, Tommy Sitompul, Jamil Zeb Tumory, Darwin Pohan dan Rivorman Saleh Manalu. Sementara satu pasangan atas nama Zulhan Sitompul dan Edward Siahaan dari jalur independen. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *