Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com
Komandan Satgas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, mengungkapkan bagaimana indahnya kebersamaan dan toleransi terkait perbaikan/renovasi rumah ibadah di wilayah kerja program TMMD ke-108 di Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut).

Dia mengatakan selain meningkatkan kebersamaan, perbaikan rumah ibadah (Masjid dan Gereja) di wilayah kerja TMMD ke-108 Kodim 0211/TT merupakan bentuk toleransi antar umat beragama.

“Berbeda itu hal biasa, tetapi kita tetap satu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jangan pernah mau dipecah, diadu domba. Berbeda suku, agama, ras, serta perbedaan lainnya, itu merupakan bentuk kekayaan bangsa kita,” tegas Dadang, Selasa (7/7).

Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT diketahui telah merenovasi dua unit rumah ibadah di Desa Siantar Ca, Kecamatan Sosorgadong, Tapteng. Kedua unit rumah ibadah itu, yakni masjid Taqwa dan Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI).

Renovasi kedua rumah ibadah itu dilaksanakan Satgas TMMD sejak program TMMD ke-108 Kodim 0211/TT dicanangkan pada Selasa (30/6) lalu. Sementara pembangunan utama program TMDD ke-108 Kodim 0211/TT tersebut adalah pembukaan jalan baru sepanjang 39 Km yang menghubungkan Desa Baringin dan Desa Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong, Tapteng

Orang nomor satu di Kodim 0211/TT ini menambahkan, di lokasi TMMD, seluruh Satgas akan menunjukkan bagaimana perbedaan itu indah. Saling menghargai dan toleransi yang cukup tinggi.

“Seperti renovasi gereja, Satgas yang muslim ikut serta berkarya. Sebaliknya, saat mengecat masjid, Satgas yang Kristen ikut membantu. Itu lah indahnya kebersamaan dan toleransi itu,” timpal Dadang.

Pengurus GKPI, Pendeta (Pdt) Marliman Turnip, didampingi Sintua (St) Nursia Sitanggang, St R Sihombing, St H Simanungkalit dan St J Pasaribu mengucapkan terima kasih atas kepedulian personil Satgas TMMD Kodim 0211/TT tersebut.

“Berkat renovasi, gereja ini semakin indah dan nyaman. Kami berdoa, semoga Bapak-Bapak Satgas TMMD selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dalam setiap menjalankan tugasnya. Terutama dalam pelaksanaan TMMD Ke-108 di Desa Siantar Ca ini,” ujar Pdt Turnip. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *